Nikmatnya Tengkleng Majalengka, Khas Dapur Emak Icih

Tengkleng Majalengka Dapur Emak Icih
Tengkleng Majalengka, Khas Dapur Emak Icih
(sumber gambar : koleksi pribadi)

Oleh : Gelar S. Ramdhani

SEKILAS TENTANG TENGKLENG

Siapa yang belum pernah mencoba tengkleng? Tengkleng adalah salah satu kuliner khas nusantara, yang berasal dari daerah Solo, Jawa Tengah. Kuliner ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda, menurut informasi yang saya baca dari wikipedia.org ternyata pada zaman dulu hanya para bangsawan dan orang-orang Belanda saja yang bisa menikmati olahan daging.

Tengkleng Majalengka
Tengkleng (sumber gambar : akurat.co)

Sedangkan untuk pekerja dan juru masak hanya diperkenankan mengkonsumsi bagian kepala, kaki, dan tulang-tulang yang tersisa. Agar tetap bisa menikmati sajian kuliner yang enak, waktu itu para juru masak tidak kehabisan cara, tulang-tulang yang masih terdapat sisa daging yang menempel, kemudian diolah dengan bumbu-bumbu pilihan, jadilah tengkleng, yang terkenal dan banyak dinikmati masyarakat hingga sekarang.

MENGENAL SIAPA KANG VILGA?

Kang Vilga Vilgiawan adalah sahabat saya sejak kecil, beliau seorang pengusaha muda asal Majalengka, Jawa Barat. Selama lebih dari 10 (sepuluh) tahun terakhir Kang Vilga bergelut dalam bisnis jasa transportasi bus pariwisata, beliau adalah pemilik salah satu perusahaan otobus terkemuka di Jawa Barat yaitu PO. BS Guvilli Pariwisata. Pandemi COVID-19 boleh dibilang "badai" bagi bisnis Kang Vilga, tapi sebagai seorang pengusaha seperti apapun keadaannya harus tetap survive.

Kondisi pandemi COVID-19 boleh dibilang memaksa Kang Vilga untuk berfikir Think Out of The Box, sebab kalau tidak, Kang Vilga harus memberhentikan karyawannya, ini yang paling Kang Vilga hindari karena Kang Vilga tahu bahwa seluruh karyawannya punya keluarga, punya orang tua, punya anak, punya istri, dan lain sebagainya.

Seorang pengusaha memang harus pandai membaca kondisi pasar dengan baik, naluri bisnisnya harus tajam. Kang Vilga menganalisa bidang usaha yang masih stabil dalam kondisi pandemi seperti sekarang ini adalah bidang kuliner (food and beverage), kemudian Kang Vilga memutuskan untuk mencoba bisnis baru dalam bidang kuliner.

DAPUR EMAK ICIH MAJALENGKA

Dapur Emak Icih adalah warung nasi milik Kang Vilga yang menyajikan berbagai macam masakan tradisional dengan bahan baku utama daging, mulai daging sapi, domba, hingga ayam. Tengkleng domba dan tengkleng sapi menjadi menu andalan sekaligus menu favorit para pelanggan warung nasi Dapur Emak Icih. Selain tengkleng ada juga menu lain seperti tongseng sapi, tongseng domba, sate domba, sate sapi, sate ayam, ayam goreng, nila goreng, dan menu-menu lainnya yang sangat menggugah selera.

Dapur Emak Icih Majalengka
Lokasi Dapur Emak Icih Majalengka
(sumber gambar : Kiki Aiman Malik)

Pada hari Kamis, 28 Januari 2021 saya menyempatkan diri untuk berkunjung ke warung nasi Dapur Emak Icih yang beralamat di Jl. KH. Abdul Halim, Tonjong, Majalengka (depan Labkesda Kab. Majalengka/samping Alfamart Tonjong baru) lokasinya sangat strategis, berada di jalan utama Kota Majalengka.

Begitu sampai di Dapur Emak Icih saya langsung pesan tengkleng satu porsi, kata Kang Vilga yang paling mantap itu tengkleng domba, tapi karena saya kurang suka daging domba, saya pesan tengkleng sapi. Kemudian untuk minumannya, Kang Vilga merekomendasikan saya Jus Alpukat khas Dapur Emak Icih.

Tidak lama kemudian datang ke meja saya satu porsi tengkleng sapi spesial, lengkap dengan nasi pulen, dan juga jus alpukat khas Dapur Emak Icih. Tidak ingin menunggu lama, saya langsung mencicipinya.

Tengkleng Majalengka
Tengkleng Majalengka, Khas Dapur Emak Icih
(sumber gambar : koleksi pribadi)

Sensasi pertama yang saya rasakan ketika tengkleng sapi Dapur Emak Icih masuk ke lidah saya, adalah sensasi daging sapi yang lembut, ditambah kuah yang mantappppp abisssss.....!!, kuah yang kaya akan sensasi bumbu rempah-rempah tradisional. Sebagai pecinta daging sapi, saya tahu persis kualitas daging sapi yang dipilih oleh Dapur Emak Icih adalah daging sapi segar yang berkualitas, tingkat kematangan pengolahannya juga pas, kalau bumbu jangan ditanya! terasa banget rempah-rempahnya.

Bagi anda warga Majalengka yang suka kuliner, atau anda yang sedang jalan-jalan ke Kabupaten Majalengka, yuk.... cobain kenikmatan tengkleng Majalengka khas Dapur Emak Icih, harganya tidak membuat kantong anda jebol hanya Rp. 35.000 per porsi.

Informasi lebih lengkap tentang Dapur Emak Icih, bisa menghubungi :

085224080101 (Kang Vilga) 089620466817 (Kang Kiki)

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini
----------------------------------------------
Yuk tonton aneka video tentang kesehatan gigi dan mulut
dari drg. Gelar S. Ramdhani klik disini

Komentar

Posting Komentar

Tulisan paling populer

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Klasifikasi Karies Menurut GV Black

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri