Penimbangan Perdana Bank Sampah Banjaran Hilir Majalengka

Kegiatan Penimbangan Perdana Bank Sampah Banjaran Hilir Majalengka (sumber gambar: Kiki Aiman Malik)

Oleh: Gelar S. Ramdhani

Apakah anda masih ingat tulisan saya sebelumnya tentang Bank Sampah Banjaran Hilir? Bagi anda yang sudah lupa atau mungkin belum tahu, sebagai informasi untuk anda bahwa di Kampung Banjaran Hilir Desa Banjaran Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka Jawa Barat, pada tahun 2019 ini sedang merintis tata kelola sampah rumah tangga yang baik, melalui sistem Bank Sampah.

Pemuda Mesjid Nurul Muslimin Banjaran Hilir sebagai inisiator sekaligus pengelola Bank Sampah ini. Alhamdulilah pada hari Rabu (11 Desember 2019) kemarin, sudah dilaksanakan kegiatan penimbangan perdana sampah anorganik dari para nasabah Bank Sampah Banjaran Hilir.

Melihat situasi kegiatan penimbangan perdana kemarin, Alhamdulilah masyarakat Banjaran Hilir sangat antusias dan sangat mendukung program Bank Sampah ini. Terbukti pada kegiatan penimbangan kemarin, meskipun ini baru yang pertama kali dilakukan, akan tetapi sampah anorganik yang terkumpul mencapai 83 Kilogram, hal tersebut merupakan sebuah awal yang baik.

Sehubungan dengan mesin pencacah sampah yang dimiliki oleh Bank Sampah Banjaran Hilir belum beroperasi, maka sampah anorganik yang terkumpul rencananya akan dijual langsung oleh pihak Bank Sampah kepada pihak pengepul. Rencana kedepan apabila mesin pencacah sampah sudah beroperasi di Banjaran Hilir, sampah anorganik yang terkumpul akan diolah atau dicacah terlebih dahulu sehingga mampu meningkatkan nilai jual.

Ketua Pemuda Banjaran Hilir, Kang Agus Abdul Syukur menyatakan sangat bangga dan bahagia sekarang di Banjaran Hilir sudah ada Bank Sampah, kedepannya Kang Agus berharap setelah hadirnya Bank Sampah ini masyarakat Banjaran Hilir tidak lagi membuang sampah sembarangan misalnya ke sungai, kebun, dan ke tempat-tempat lainnya.

Informasi Bank Sampah Banjaran Hilir: Kang Agus 082389931410, Kang Kiki 089620466817.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Rekomendasi Bus dari Jakarta ke Majalengka

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Tips Wisata ke Panyaweuyan Majalengka