Perbedaan Scaling dengan Bleaching Pada Gigi

Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anda (sumber gambar: cedarridgedental.ca)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

Apakah anda pernah mendengar istilah "Scaling"? Scaling adalah salah satu tindakan dalam bidang kedokteran gigi yang bertujuan untuk membersihkan gigi dari karang gigi (kalkulus), plak, serta kotoran akibat asap rokok dan minuman seperti kopi dan teh (stain).

Kenapa kita perlu melakukan scalling atau membersihkan karang gigi? karena makanan dan minuman yang kita konsumsi memiliki potensi untuk menempel pada gigi, terutama pada bagian sela-sela gigi yang susah dibersihkan dengan sikat gigi biasa, setelah menempel sekian lama akhirnya sisa makanan menjadi keras, kalau sudah keras semakin sulit dibersihkan dengan proses menyikat gigi biasa, maka tindakan scalling perlu dilakukan untuk membersihkannya.

Karang gigi yang tidak dibersihkan, dan terus dibiarkan dalam waktu yang lama di rongga mulut dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri jahat yang dapat menyebabkan radang gusi bahkan sampai kerusakan jaringan pendukung gigi (periodontitis), apabila gigi sudah tidak memiliki jaringan pendukung yang baik maka kemungkinan besar gigi bisa lepas atau copot dengan sendirinya.

Tindakan membersihkan karang gigi tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang, harus dilakukan oleh seorang profesional yang memiliki kompetensi dalam bidangnya, yaitu dokter gigi. Kenapa demikian? meskipun tindakan ini terlihat sederhana, tapi tidak bisa dilakukan kepada setiap orang, setiap pasien yang ingin dilakukan pembersihan karang gigi harus melewati tahap pemeriksaan yang menyeluruh (komprehensif), tujuannya untuk menentukan apakah pasien tersebut aman atau tidak apabila dilakukan pembersihan karang gigi?. Dokter gigi tidak akan melakukan tindakan membersihkan karang gigi kepada pasien dengan kondisi kesehatan tertentu, karena dapat membahayakan kondisi pasien.

APA PERBEDAAN SCALING DENGAN BLEACHING?
Jelas beda antara scaling dengan bleaching! Apabila scaling secara sederhana dapat kita artikan sebagai proses pembersihan karang gigi, sedangkan bleaching secara sederhana dapat kita artikan proses memutihkan gigi.

Masih banyak masyarakat yang berganggapan bahwa tindakan scaling dapat memutihkan gigi, itu tidak tepat!. Karena scaling tidak merubah warna gigi menjadi putih, hanya saja scaling dapat mengembalikan gigi menjadi tampak lebih bersih. Misalnya begini, anda seorang perokok berat, gigi anda hitam karena asap rokok, kemudian anda melakukan scaling setelah selesai scaling gigi anda kembali bersih, karena menjadi bersih seolah-olah anda merasa gigi anda menjadi lebih putih.

Sedangkan bleaching adalah proses memutihkan warna gigi, misalnya tadinya warna gigi aslinya putih agak kuning, atau agak gelap. Dengan tindakan bleaching warna gigi anda bisa berubah menjadi lebih putih atau lebih cerah. Sama dengan scaling tindakan bleaching pun tidak boleh dilakukan oleh sembarangan orang, harus dilakukan oleh seorang profesional dalam bidang kedokteran gigi, yaitu dokter gigi. Karena tindakan bleaching biasanya menggunakan bahan kimia, dan berbahaya apabila digunakan sembarangan tidak sesuai standar operasional prosedur yang ditentukan.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Kita Butuh Bus Bandung Majalengka yang Layak!

Rekomendasi Bus dari Jakarta ke Majalengka

Kisah Kang Ari Lolos Seleksi CPNS 2018