Tahun 2021 Warga Banjaran Hilir Majalengka Bisa Bayar PBB Pakai Sampah

Kang Agus (tengah) Direktur Bank Sampah
Banjaran Hilir Majalengka
(sumber gambar: Ngawangkong Majalengka)

Oleh : Gelar S. Ramdhani

Beberapa hari yang lalu Kang Agus menghubungi saya lewat telepon, kami berdua adalah sesama pendiri Bank Sampah Banjaran Hilir, beserta 3 orang lainnya yaitu Kang Ari, Kang Toni, dan Kang Kiki. Saat ini Kang Agus sebagai Direktur Bank Sampah Banjaran Hilir Majalengka, dan saya sebagai pengawas.

Seperti biasa Kang Agus menceritakan kepada saya bagaimana pergerakan Bank Sampah Banjaran Hilir beberapa bulan terakhir, apa saja target atau program yang sudah tercapai, apa saja yang belum tercapai, apa saja yang menjadi hambatan, dan apa saja yang menjadi peluang bagi Bank Sampah Banjaran Hilir.

Dalam percakapan tersebut ada hal yang sangat menarik bagi saya, Kang Agus bercerita sekaligus meminta pertimbangan saya, bahwa beliau punya inovasi BAYAR PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) TAHUN 2021 PAKAI SAMPAH wah sekali lagi ini sangat menarik !!!!

Secara garis besar Kang Agus berkeinginan bahwa nasabah Bank Sampah Banjaran Hilir Desa Banjaran Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka Jawa Barat, tidak perlu bayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun 2021. Jadi, nanti pembayaran PBB diambil dari saldo tabungan sampah. Kalau kurang bagaimana? nanti kekurangannya bisa dicicil pakai sampah.

Saya memberikan pandangan kepada beliau, bahwa program ini sangat bagus, sangat inovatif. Tapi ingat, bahwa Bank Sampah ini prinsipnya kekeluargaan, serta mengutamakan musyawarah untuk mufakat. Hal-hal yang berkaitan dengan teknis sebaiknya dikomunikasikan terlebih dahulu dengan masyarakat khususnya dengan nasabah. Jangan sampai tujuannya baik, tapi teknis atau caranya kurang baik, nanti hasilnya juga kurang baik.

Harapan kedepan semoga Bank Sampah Banjaran Hilir bukan hanya menjadi solusi permasalahan lingkungan saja, tapi juga menjadi alternatif permasalahan ekonomi masyarakat.

Dalam waktu dekat Insyaa Allah kami punya program Bayar PBB pakai sampah, kedepan semoga kami punya juga program Berobat ke dokter pakai sampah, beli sembako pakai sampah, beli perlengkapan sekolah pakai sampah dan lain sebagainya.

Bagi anda yang ingin mengenal lebih dekat tentang Bank Sampah Banjaran Hilir anda bisa KLIK DISINI

Terima kasih

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini
----------------------------------------------
Yuk tonton aneka video tentang
kesehatan gigi dan mulut
dari drg. Gelar S. Ramdhani klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri

Klasifikasi Karies Menurut GV Black