Gigi Anda Ompong? Mau Pasang Gigi Palsu? Tunggu, Baca Dulu Ini!

Gigi Tiruan
Gambaran gigi tiruan (sumber gambar : marketdentalcare.co.uk)

Oleh : drg. Gelar S. Ramdhani

Sebagai dokter gigi, saya punya tips untuk anda yang ingin memasang gigi palsu atau gigi tiruan, berikut tipsnya :
  • Bagi anda yang kehilangan gigi asli, sebaiknya mengganti gigi anda yang hilang dengan gigi palsu atau gigi tiruan.
  • Gigi tiruan tidak hanya berfungsi untuk memperbaiki penampilan (estetika) saja, tapi berfungsi juga untuk mengoptimalkan fungsi pengunyahan (mengunyah makanan). Karena ketika ada satu gigi saja yang hilang (apalagi gigi yang hilangnya banyak) maka proses pengunyahan makanan kurang maksimal, sehingga dapat berpengaruh pada kesehatan pencernaan (misalnya: lambung). Penjelasan sederhananya begini, ketika makanan masuk ke dalam mulut terjadi proses pengunyahan yang dibantu oleh gigi geligi, proses tersebut menjadikan makanan menjadi lebih lunak, ketika makanan masuk ke dalam perut dalam kondisi sudah lunak maka kerja organ-organ pencernaan yang ada di dalam perut anda menjadi ringan. Pada kondisi gigi anda banyak yang hilang (ompong) maka proses pengunyahan kurang maksimal, bisa jadi makanan yang masuk ke perut anda belum lunak, sehingga organ-organ pencernaan yang ada di dalam perut bekerja lebih berat.
  • Selain berfungsi untuk penampilan dan pengunyahan, gigi tiruan juga berfungsi untuk membantu memperjelas ketika anda berbicara. Silahkan anda perhatikan dan bandingkan orang yang punya gigi lengkap dengan orang yang giginya sudah banyak yang hilang (ompong). Biasanya ketika gigi seseorang sudah banyak yang hilang, maka ketika orang tersebut berbicara, pengucapan kata atau kalimatnya kurang begitu jelas.
  • Apabila anda ingin memasang gigi palsu, sebaiknya anda datang ke dokter gigi. Kenapa? karena seorang dokter gigi memiliki pengetahuan dan keahlian khusus, untuk membantu membuatkan anda gigi palsu yang sehat, aman, nyaman, dan sesuai untuk anda.
  • Seorang dokter gigi dalam membuat gigi palsu tidak asal jadi, asal pasang, asal tidak ompong. Banyak sekali yang harus dipertimbangkan oleh dokter gigi dalam membuat gigi palsu. Tujuannya agar gigi palsu yang dibuat benar-benar bermanfaat untuk anda, dan tidak memberikan dampak buruk bagi kesehatan anda.
  • Hati-hati saat ini banyak oknum yang menawarkan jasa pembuatan gigi palsu murah, abal-abal, asal pasang, asal tidak ompong, tapi terbuat dari bahan yang berbahaya bagi tubuh anda. Sudah banyak yang menjadi korban!.
  • Ketika anda datang ke dokter gigi untuk memasang gigi palsu, anda berhak untuk bertanya apapun tentang gigi palsu yang ingin anda buat, termasuk bertanya masalah jenis gigi palsu yang cocok untuk anda, biaya, resiko, kemungkinan keberhasilan, dan lain sebagainya. Jadi anda jangan ragu untuk bertanya.
  • Biaya pembuatan gigi palsu bermacam-macam, tergantung dari jenis gigi palsu yang dibuat, jenis bahan yang digunakan, dan anda juga perlu tahu biasanya tiap kota biaya pembuatan gigi tiruan di dokter gigi itu berbeda-beda.
  • Pembuatan gigi palsu di dokter gigi biasanya tidak bisa dilakukan satu kali kunjungan langsung selesai, anda harus siap bolak-balik ke dokter gigi. Saran saya ikuti arahan dokter gigi yang merawat anda, jika anda diarahkan untuk datang kembali, sebaiknya anda datang tepat waktu.
  • Pertama kali menggunakan gigi tiruan mungkin saja anda tidak nyaman, terasa aneh, terasa mengganjal, terasa tebal, makan susah, bicara susah, bahkan mungkin terasa sakit (misalnya: karena gusi tertekan), ini hal yang sangat wajar!. Karena menggunakan gigi palsu apalagi yang pertama kali, sangat butuh penyesuaian atau butuh adaptasi, mungkin anda perlu waktu beberapa hari hingga beberapa minggu sampai benar-benar merasa nyaman.
  • Apabila masih terasa ada yang mengganjal, gusi sakit karena tertekan gigi palsu, dan lain sebagainya. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter gigi yang merawat anda.
  • Selalu mengikuti instruksi dari dokter gigi yang merawat anda.
Demikian tips dari saya, semoga bermanfaat untuk anda

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini
----------------------------------------------
Yuk tonton aneka video tentang kesehatan gigi dan mulut
dari drg. Gelar S. Ramdhani klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri

Klasifikasi Karies Menurut GV Black