Mengenal Kolang Kaling Terbaik Asal Banjaran Majalengka

pengrajin kolang kaling majalengka
Para pengrajin di Desa Cimeong Kecamatan Banjaran
sedang mengolah biji aren menjadi kolang kaling
(sumber gambar : koleksi pribadi)

Oleh : Gelar S. Ramdhani

Kolang-kaling merupakan makanan yang sehat dan kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Kolang kalong bentuknya lonjong, kenyal, berwarna putih, dan bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang sangat menyegarkan.

kolang kaling majalengka
Gambaran kolang kaling dari biji buah aren
(sumber gambar : liputan6.com)

Kolang kaling berasal dari biji buah aren (arenga pinnata), sebelum jadi kolang kaling biji buah aren dibakar terlebih dahulu, lalu diambil bijinya, kemudian bijinya direbus selama beberapa jam, setelah itu biji yang sudah dilakukan perebusan direndam dalam air selama beberapa hari hingga mengalami proses fermentasi.

pohon aren majalengka
Pohon aren yang berbuah
(sumber gambar : banyumasmembaca.wordpress.com)

Sebagai orang asli Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat, melalui artikel ini saya ingin memperkenalkan kepada masyakarat Indonesia, bahwa daerah tempat kelahiran saya yaitu kecamatan Banjaran merupakan daerah penghasil kolang-kaling terbaik, yang sudah ada sejak puluhan tahun lalu.

Kolang kaling yang ada di daerah saya merupakan kolang kaling asli berkualitas tinggi, berasal pohon aren terbaik yang ditanam di daerah sekitar, diolah secara tradisional oleh pengrajin lokal. Apabila membutuhkan kolang kaling baik grosir maupun eceran, silahkan anda bisa datang langsung ke Kecamatan Banjaran tepatnya ke Desa Cimeong atau Desa Girimulya. Atau jika anda dari luar kota membutuhkan kolang kaling berkualitas asli Majalengka, anda bisa menghubungi 0896-2046-6817 (Kang Kiki Aiman).

penjual kolang kaling majalengka
Penjual kolang-kaling di tepi jalan jalur Majalengka - Cikijing
(sumber gambar : koleksi pribadi)

Sekedar informasi untuk anda, kolang kaling asal Banjaran Majalengka ini tidak hanya dijual langsung oleh pengrajin kepada konsumen, tapi juga dikirim ke berbagai kota besar seperti Jakarta, Bandung, dan lain sebagainya. Saat memasuki bulan suci Ramadan permintaan kolang kaling meningkat karena kolang kaling sangat pas dijadikan bahan makanan atau minuman untuk berbuka puasa.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini
----------------------------------------------
Yuk tonton aneka video
tentang kesehatan gigi dan mulut
dari drg. Gelar S. Ramdhani klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri

Klasifikasi Karies Menurut GV Black