Kunjungan Wakil Bupati Majalengka ke Bank Sampah Banjaran Hilir

Kunjungan Wakil Bupati Majalengka Banjaran Hilir
Kunjungan Wakil Bupati Majalengka Tarsono D. Mardiana ke Bank Sampah Banjaran Hilir (sumber gambar: arsip panitia kegiatan)

Oleh: Gelar S. Ramdhani

Tanggal pastinya saya lupa lagi, yang jelas sekitar awal bulan Juli 2020 kemarin, melalui layanan pesan singkat WhatsApp saya melaporkan perkembangan Bank Sampah Banjaran Hilir, Blok Banjaran Hilir Desa Banjaran Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka kepada Pak Tarsono D. Mardiana Wakil Bupati Majalengka.

Alhamdulillah kerja keras pemuda Banjaran Hilir dalam mengelola Bank Sampah mendapatkan apresiasi yang luar biasa dari orang nomor dua di kabupaten Majalengka ini. Selain mengapresiasi, beliau juga mengutarakan keinginannya berkunjung bersilaturahmi ke Bank Sampah Banjaran Hilir. Saya langsung menjawab "Kami siap menyambut Pak Wabup di Banjaran Hilir!!".

Saya langsung memberitahukan kepada rekan-rekan pemuda Banjaran Hilir melalui grup WhatsApp, bahwa Wakil Bupati Majalengka ingin bersilaturahmi ke Banjaran Hilir, meninjau Bank Sampah. Menurut sahabat saya salah satu tokoh pemuda Banjaran Hilir, yaitu kang Agus Abdul Syukur menyatakan "Rencana kunjungan Wakil Bupati Majalengka ke Banjaran Hilir merupakan suatu kehormatan bagi masyarakat Banjaran Hilir khususnya bagi pemuda".

Masyarakat Banjaran Hilir Majalengka
Masyarakat Banjaran Hilir sangat antusias (sumber gambar: arsip panitia kegiatan)

Akhirnya kami sepakat bahwa rencana kunjungan Wakil Bupati Majalengka ke Banjaran Hilir, akan dilaksanakan pada hari Ahad, 26 Juli 2020. Artinya kami memiliki waktu kurang lebih 2 minggu untuk mempersiapkan kunjungan Wakil Bupati Majalengka beserta rombongan ke Banjaran Hilir.

Setelah mendapatkan tanggal rencana kunjungan, saya langsung melapor ke Pak Wabup, dan yang membuat saya respect kepada beliau, beliau berpesan kepada saya "Kang Gelar, omat sa aya-aya wae, ulah di aya-aya" artinya "Kang Gelar, tolong apa adanya saja, tidak perlu terlalu paksakan". Kenapa beliau berkata seperti ini?, karena di Majalengka itu ada anggapan bahwa ketika ada kunjungan pejabat, harus menyediakan ini itu, bahkan hal tersebut tak jarang memberatkan masyarakat, nah Pak Tarsono tidak mau seperti itu, beliau ingin apa adanya saja.

Hari H Kunjungan Wakil Bupati Majalengka ke Bank Sampah Banjaran Hilir
Ahad, 26 Juli 2020 adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh pemuda Banjaran Hilir, karena hari tersebut boleh dibilang sebagai hari bersejarah, ah lebay....!! Tidak lebay!! karena terus terang saja kampung kami Banjaran Hilir itu adalah kampung kecil, warganya saja hanya kurang lebih 60 KK, selama ini sering dianggap sepele oleh kampung lain, jarang sekali ada pejabat yang mau singgah ke kampung kami apalagi sekelas Wakil Bupati, jadi ini merupakan hari bersejarah, dan kebanggaan bagi kami masyarakat Banjaran Hilir.

Pagi itu warga Banjaran Hilir terutama tokoh masyarakat sudah antusias berkumpul (namun tetap memperhatikan protokol kesehatan) menyambut kedatangan wakil bupati Majalengka.

Rombongan Wakil bupati Majalengka tiba sekitar pukul 08.45 WIB di Banjaran Hilir, beliau datang tanpa pengawalan berlebihan, beliau datang dengan sangat santai, terlihat dari pakaian yang beliau gunakan juga sangat santai, namun tetap formal.

Begitu tiba di Banjaran Hilir, Wakil Bupati Majalengka langsung singgah ke rumah orang tua saya untuk sekedar transit sambil persiapan ke lokasi utama kegiatan. Setelah transit beberapa menit, Wakil Bupati Majalengka langsung berjalan kaki menuju lokasi utama kegiatan yaitu di lapangan bola voli Banjaran Hilir, dekat dengan instalasi penggilingan sampah anorganik milik Bank Sampah Banjaran Hilir.

Wakil Bupati Majalengka Banjaran Hilir
Para tamu undangan yang hadir di Banjaran Hilir (sumber gambar: arsip panitia kegiatan)

Dalam kunjungan ke Banjaran Hilir, Wakil Bupati Majalengka tidak sendirian, hadir pula Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Penanganan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Majalengka, Camat Banjaran, Kapolsek Banjaran, Danramil Talaga, Kuwu Desa Banjaran, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam kegiatan yang dikemas semi formal tersebut, Wakil Bupati Majalengka, dan juga tamu undangan lainnya memberikan arahan-arahan kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan terutama mengelola sampah. Masyarakat pun tidak hanya mendengarkan arahan-arahan dari para pejabat saja, tapi masyarakat juga memanfaatkan kegiatan tersebut untuk menyampaikan keluh kesah atau aspirasinya kepada pemerintah daerah kabupaten Majalengka.

Wakil Bupati Majalengka juga memberikan apresiasi kepada Ibu Titi sebagai nasabah Bank Sampah Banjaran Hilir yang dalam periode pertama paling banyak mengumpulkan sampah, kemudian apresiasi diberikan juga kepada Bapak Mumun sebagai tokoh masyarakat yang paling aktif dalam membantu pemuda dalam mendirikan Bank Sampah, selanjutnya apresiasi juga diberikan Pak Wabup kepada ananda Rendra (Putra Bapak Eye) dan Dika (Putra Bapak Eman) yang berprestasi dalam bidang keagamaan dan aktif dalam kegiatan di Mesjid Nurul Muslimin Banjaran Hilir.

Setelah kegiatan utama selesai, Wakil Bupati Majalengka beserta rombongan menikmati santap makan siang pedesan entog khas Banjaran Hilir, kemudian dilanjutkan shalat Dzuhur berjamaah di Mesjid Nurul Muslimin, selanjutnya agenda terakhir Pak Wabup di Banjaran Hilir adalah keliling kampung, menyapa warga masyarakat.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Kenapa Saat Sakit Gigi Tidak Boleh Cabut Gigi?

Minum Amoxicillin Sembarangan Saat Sakit Gigi, Bahaya!

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri