Dokter Gigi M. Arifin "Panglima Perang" di RSD COVID-19 Wisma Atlet

drg. Muh. Arifin, Sp.Ort., M.Tr.Opsla (sumber gambar: tribunnews.com)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

Seperti yang pernah saya tulis dalam artikel saya sebelumnya, bahwa salah seorang sahabat saya pernah bertanya kepada saya tentang peran dokter gigi dalam situasi pandemi COVID-19 saat ini.

Sebetulnya banyak sekali teman sejawat dokter gigi di Indonesia yang berperan aktif dalam penanganan COVID-19 ini, hanya saja mungkin belum banyak terpublikasikan kepada masyarakat.

Apakah anda tahu Rumah Sakit Darurat (RSD) COVID-19 Wisma Atlet Jakarta? 

Ya, betul sekali! RSD COVID-19 Wisma Atlet Jakarta adalah rumah sakit darurat yang dibuat oleh pemerintah, guna menanggulangi wabah COVID-19 saat ini. Kebijakan pemerintah tersebut sangat patut kita apresiasi, karena keberadaanya saat ini sangat dirasakan manfaatnya dalam upaya percepatan penanggulangan COVID-19.

Mungkin anda bertanya "Apakah di RSD COVID-19 Wisma Atlet ada Dokter Gigi?"

Tentu banyak sekali, salah satunya adalah Letkol Laut (K) drg. Muh. Arifin, Sp.Ort., M.Tr.Opsla. Dokter Gigi lulusan Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (FKG Unair) Surabaya ini, sekarang menjabat sebagai Komandan Batalyon Kesehatan 1 Marinir.

Pada masa pandemi COVID-19 sekarang ini beliau mengemban tugas yang sungguh mulia, yaitu sebagai Pengendali Medis dan Paramedis, Penanggung Jawab Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Jakarta.

Menurut berita yang dirilis website resmi Tentara Nasional Indonesia (www.tni.mil.id), dokter gigi yang pernah menempuh program pendidikan dokter gigi spesialis orthodonsi di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (FKG Unpad) Bandung ini, juga mengemban amanah sebagai Ketua Tim Kesehatan Komando Tugas Gabungan Terpadu TNI AD, TNI AL, dan TNI AU.

Saya sebagai dokter gigi saya merasa  sangat bangga melihat kiprah teman sejawat dokter gigi dipercaya mengemban tugas dan tanggungjawab yang sangat besar dan mulia memimpin pasukan, sebagai "panglima" perang melawan Corona Virus Disease.

Malam tadi saya mengirimkan pesan singkat kepada beliau, secara pribadi tanpa mengurangi rasa hormat, ijinkan saya mengapresiasi, mendukung, dan mendoakan beliau, agar Allah Subhanahu wa Ta'ala memberikan kesehatan, kekuatan, dan kesabaran kepada beliau dan juga kepada pasukannya dalam menjalankan tugas mulia ini.

Kedepan saya sangat optimis Kedokteran Gigi di Indonesia akan semakin maju dan berkembang, karena hari ini saya melihat banyak sekali teman sejawat dokter gigi yang memiliki kemampuan dan pengalaman leadership yang sangat baik, salah satunya dokter gigi Arifin.

Salam hormat komandan!
Maju terus dokter gigi Indonesia!
Jalesu Bhumyamca Jayamahe!

Referensi:
https://tni.mil.id/view-173822-tim-kesehatan-kogasgabpad-sosialisasi-covid-19-melalui-udara.html (diakses pada tanggal 28 Mei 2020)

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Kenapa Saat Sakit Gigi Tidak Boleh Cabut Gigi?

Minum Amoxicillin Sembarangan Saat Sakit Gigi, Bahaya!

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri