Pesan untuk FPSH HAM Majalengka

Bersama teman-teman FPSH HAM kabupaten Majalengka (sumber gambar: koleksi FPSH HAM kabupaten Majalengka)

Oleh: Gelar S. Ramdhani

"Serasa kembali remaja!" itulah yang saya rasakan ketika saya dapat bersilaturahmi dengan teman-teman dari Forum Pelajar Sadar Hukum dan HAM (FPSH HAM) kabupaten Majalengka, silaturahmi tersebut terlaksana pada hari Sabtu (23 November 2019) di Sukawana Dream Village, Kertajati, Majalengka.

Dalam silaturahmi yang singkat tersebut saya bertemu teman-teman dari FPSH HAM kabupaten Majalengka diantaranya Kang Gilang, Kang Ferry, dan Teh Rita. Jujur, saya hanya bisa diam termenung ketika Kang Gilang menjelaskan (dengan penuh semangat) apa itu FPSG HAM? apa saja visi misinya? dan apa saja kegiatannya? dalam hati saya berbicara "Anak muda umur segini aktivitasnya sudah luar biasa, saya dulu usia segini boro-boro mikir Hukum dan HAM, saya mah dulu usia segini lagi kebut-kebutan di jalan raya ckckck....". Satu kalimat dari saya untuk teman-teman FPSH HAM kabupaten Majalengka "Kalian keren!".

Saya sangat mengapresiasi semangat teman-teman dalam memajukan organisasi FPSH HAM kabupaten Majalengka, saya yakin itu tidak mudah! kenapa tidak mudah? karena saya tahu teman-teman bukan pengangguran, pada satu sisi anda harus memikirkan aktivitas sekolah, belum lagi pekerjaan rumah dari sekolah, pada sisi lainnya anda juga harus memikirkan bagaimana caranya agar organisasi anda yaitu FPSH HAM kabupaten Majalengka tetap berjalan dengan baik. Hal tersebut pasti memakan banyak waktu, tenaga, pikiran, bahkan mungkin anda harus mengeluarkan uang jajan anda untuk kemajuan organisasi.

NGAPAIN SIH HARUS IKUTAN ORGANISASI? NAON UNTUNGNA?
Saya yakin teman-teman FPSH HAM kabupaten Majalengka pernah punya perasaan atau pertanyaan seperti ini, hal tersebut menurut saya wajar!. Sebelumnya mohon ijin teman-teman, melalui artikel ini saya tidak bermaksud menggurui teman-teman FPSH HAM kabupaten Majalengka, tapi sebagai orang yang lebih dulu hidup dan merasakan pahit manisnya berorganisasi, saya merasa memiliki kewajiban untuk berbagi sesuatu yang bermanfaat kepada teman-teman.

Ikutan organisasi itu kalau kita ukur dengan uang jelas tidak mengutungkan, kecuali anda jualan dan menjadikan teman-teman anda yang satu organisasi sebagai pembeli, kemudian kita ukur dengan tenaga, jelas ikutan organisasi itu sangat melelahkan, orang lain pulang sekolah bisa pulang, orang lain hari Ahad bisa liburan, sedangkan anda harus ikutan kegiatan organisasi.

Saya menyarankan teman-teman FPSH HAM kabupaten Majalengka, benahi dulu niat teman-teman ikutan organisasi. Kalau niatnya cuma pengen eksis doang, mending keluar! kalau niatnya cuma pengen populer doang, mending keluar! kalau niatnya mau nyari keuntungan pribadi, mending mundur! di FPSH HAM kabupaten Majalengka tidak dapat honor atau gaji! Jadi yang benar itu harus punya niat apa masuk FPSH HAM kabupaten Majalengka?

Setiap kali anda ikutan organisasi di sekolah, mau itu FPSH HAM, mau itu OSIS, mau itu Pramuka, Paskibra, PMR, Pecinta alam dan lain sebagainya. Niatkan untuk mencari ilmu atau belajar! Kenapa? Karena belajar itu adalah kewajiban kita semua, dalam Agama Islam mencari ilmu itu diwajibkan sejak lahir hingga meninggal dunia, jadi dalam Islam mencari ilmu itu memiliki nilai pahala, kalau anda belajar, kalau anda ikutan organisasi Insyaa Allah mendapatkan pahala, asal niatnya baik, dan aktivitasnya positif.

Anda sekarang harus setuju bahwa mencari ilmu itu bukan hanya pada saat kegiatan belajar mengajar di dalam kelas saja. Ilmu itu sangat luas, dan mencari ilmu itu bisa kapanpun dan dimanapun. Saya punya cerita yang penting untuk anda ketahui, suatu saat nanti anda akan tumbuh dewasa, tidak selamanya ands remaja. Anda suatu saat nanti akan hidup bermasyarakat sebagai manusia dewasa, baik itu dalam lingkungan kerja, ataupun lingkungan tempat tinggal kita. 

Suatu saat nanti, misalnya anda bekerja di sebuah kantor, ingat kantor itu adalah salah satu contoh bentuk organisasi!. Ada pemimpin, ada yang dipimpin, ada program kerja, dan lain sebagainya. Anda harus tahu bahwa kesuksean karir anda di tempat kerja tidak hanya ditentukan oleh nilai-nilai mata pelajaran pada saat di sekolah atau di perguruan tinggi saja, tapi ditentukan juga oleh kemampuan non akademis misalnya: kemampuan memimpin, kemampuan mengelola waktu, kemampuan menyelesaikan masalah, kemampuan mengelola konflik, kemampuan berbicara di depan umum (public speaking), kemampuan menyusun anggaran, kemampuan membangun relasi atau jaringan pertemanan, kemampuan menciptakan inovasi, dan lain sebagainya.

Nahhhh..... kemampuan-kemampuan non akademis tersebut biasanya teman-teman bisa dapatkan dalam berorganisasi. Percuma saja anda pintar matematika, pintar fisika, kimia, dan lain sebagainya. Tapi anda tidak mampu memimpin sebuah tim, tidak mampu berbicara di depan umum, atau tidak mampu menyelesaikan masalah kantor, ya kemungkinan karir pekerjaan anda gitu-gitu aja!.

Demikian juga ketika nanti anda hidup di lingkungan tempat tinggal sebagai manusia dewasa. Ingat, di masyarakat itu yang dihargai bukan yang pintar matematika, bukan yang pintar bahasa inggris, tapi yang dihargai itu yang baik cara bersosialisasinya, baik cara komunikasinya, baik cara berfikirannya, baik tingkah lakunya. Percuma anda pintar secara akademik, tapi perilaku anda buruk! Yuk, manfaatkan organisasi FPSH HAM kabupaten Majalengka ini sebagai tempat melatih komunikasi, sosialisasi, dan kemampuan-kemampuan non akademis lainnya yang tidak anda dapatkan di ruang kelas ketika kegiatan belajar mengajar.

Bagi anda yang punya cita-cita ingin berbisnis sendiri atau wirausaha, pengalaman berorganisasi akan sangat berguna sekali untuk bekal usaha anda suatu saat nanti. Jadi, sekali lagi saya ingin mengingatkan, yuk kita perbaiki niat kita ikutan organisasi, niatkan untuk belajar agar anda mendapatkan ilmu dari berorganisasi ini, tidak sia-sia begitu saja.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk teman-teman FPSH HAM kabupaten Majalengka, selamat berorganisasi, selamat belajar, dan selamat berkontribusi untuk bangsa dan negara Indonesia tercinta!!

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

  1. Mantap. Jangan lupa berkunjung di www.muhamadhusnitamami.com

    WA : 082125826729

    Salam literasi

    BalasHapus

Posting Komentar

Tulisan paling populer

Kita Butuh Bus Bandung Majalengka yang Layak!

Rekomendasi Bus dari Jakarta ke Majalengka

Kisah Kang Ari Lolos Seleksi CPNS 2018