Banyak Gigi Berlubang Apakah Bisa Lolos TNI atau Polri?

Pemeriksaan gigi seleksi TNI Polri
Persiapkan diri anda, apabila anda ingin menjadi
anggota TNI atau Polri
(sumber gambar : tniad.mil.id)

Oleh : drg. Gelar S. Ramdhani

Saat ini menjadi anggota TNI atau Polri adalah idaman sebagian besar anak muda Indonesia, akan tetapi dari sekian banyak anak muda yang punya cita-cita ingin menjadi anggota TNI Polri hanya sebagian kecil saja yang bisa lolos. Seperti yang kita ketahui untuk menjadi anggota TNI Polri modal fisik yang kuat saja tidak cukup, intelektual juga harus bagus, selain itu tubuh juga harus sehat.

Banyak anak-anak muda Indonesia yang memiliki cita-cita ingin menjadi anggota TNI Polri tapi tidak lolos karena punya masalah dengan tubuhnya, atau salah satu anggota tubuhnya tidak sehat. Salah satu bagian tubuh yang harus dipersiapkan untuk mengikuti seleksi pendaftaran TNI Polri adalah gigi dan mulut.

Tugas dan tanggung jawab anggota TNI Polri sangat berat, maka dari itu seorang anggota TNI Polri harus memiliki fisik yang prima, mental yang baik, intelektual yang mantap, dan tubuh yang sehat. Ketika seorang anggota TNI atau Polri mempunyai masalah dengan salah satu organ tubuhnya, misalnya giginya berlubang, dan sakit. Kondisi seperti itu dapat menggangu anggota TNI atau Polri tersebut dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya.

Sebagai dokter gigi saya sering mendapatkan pertanyaan dari masyarakat, "Dok kalau gigi saya banyak yang berlubang, apakah saya bisa lolos seleksi TNI atau Polri ?" Saya jawab, bagi anda yang ingin mengikuti seleksi TNI atau Polri, sebaiknya datang terlebih dahulu ke dokter gigi jauh-jauh hari (jangan mendadak), lakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara menyeluruh, apabila ada gigi yang berlubang sebisa mungkin dipertahankan, dirawat, atau ditambal.

Tahapan gigi berlubang
(sumber gambar : istimewa)

Tambal gigi itu berbeda-beda prosedurnya, misalnya kalau lubang pada gigi masih kecil dan tidak dalam biasanya bisa langsung ditambal (cukup satu kali kunjungan), akan tetapi jika lubang pada gigi sudah besar dan dalam, apalagi kedalamannya sudah mencapai bagian pulpa (terdapat saraf gigi). Saran dari saya, ketika anda mempunyai lubang pada gigi, jangan menunggu sampai besar dan dalam, sekecil apapun lubang pada gigi anda segera tambal.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini
----------------------------------------------
Yuk tonton aneka video tentang
kesehatan gigi dan mulut
dari drg. Gelar S. Ramdhani klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri

Pesan dari KRI Nanggala 402 Melalui Benda yang Ditemukan

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey