Peran Dokter Gigi dalam Membangun dan Mengembangkan Potensi Daerah

dokter gigi pridiana oskandar
drg. Pridiana Oskandar salah satu sosok dokter gigi yang sukses membangun dan mengembangkan potensi daerah

Artikel ini disampaikan pada webinar/live streaming Instagram bersama Persatuan Senat Mahasiswa Kedokteran Gigi Indonesia (PSMKGI) Kamis, 27 Agustus 2020

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

Apa itu Potensi?
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) potensi adalah kemungkinan untuk dikembangkan; kekuatan; kesanggupan; daya;

Contoh Potensi
Setiap orang memiliki potensi yang berbeda-beda, ada orang yang memiliki potensi dalam bidang olahraga, ada juga yang memiliki potensi dalam bidang seni. Nah.. menurut saya orang sukses adalah orang yang pandai mengindentifikasi potensi yang dimiliki oleh dirinya, kemudian pandai juga mengembangkan potensi yang dimilikinya dengan baik, sehingga potensi tersebut mengantarkannya menuju kesuksesan.

Potensi Daerah
Menurut saya potensi daerah itu adalah kelebihan yang dimiliki oleh suatu daerah, kemungkinan kelebihan tersebut sangat mungkin untuk diolah, dimanfaatkan, atau dikembangkan.

Contoh Potensi Daerah
Bali mempunyai potensi daerah berupa tempat-tempat yang menarik, alam yang indah, seni, budaya, dan kearifan lokal lainnya. Potensi tersebut dimanfaatkan oleh pemerintah dan masyarakat Bali, sehingga mampu mendatangkan wisatawan, yang pada akhirnya kunjungan wisatawan ke Bali menjadi sumber ekonomi (penghasilan) bagi masyarakat Bali.

Ada banyak daerah-daerah lain di Indonesia yang mempunyai potensi alam yang tidak kalah indah dari Bali, akan tetapi karena pemerintah dan masyarakat daerah tersebut belum bisa memanfaatkan potensi daerahnya, akhirnya potensi daerah tidak bisa dikonversi menjadi keuntungan bagi kesejahteraan masyarakat daerah tersebut.

Apa Tujuan Kita Harus Memanfaatkan Potensi?
Tujuan memanfaatkan potensi, baik potensi diri maupun potensi daerah tidak terlepas dari salah satu tujuan hidup adalah mencapai kesejahteraan.

Tadi saya sebutkan orang yang sukses (sejahtera) adalah orang yang mampu memanfaatkan potensi dalam dirinya. Kemudian daerah yang sukses adalah daerah yang bisa memberikan kesejahteraan bagi rakyatnya, melalui pemanfaatan potensi daerah.

Kenapa Mahasiswa Kedokteran Gigi dan Dokter Gigi Perlu Berperan Dalam Membangun dan Mengembangkan Potensi Daerah?
Selama ini tentu kita sering mendengar dokter gigi di perkotaan lebih banyak dibandingkan dengan di daerah-daerah, apalagi daerah terpencil.

Menurut analisa saya, makhluk hidup itu secara natural lebih cenderung ingin berada di daerah yang menurut dirinya cocok untuk memenuhi kebutuhan hidup. Kita pasti pernah mendengar bahwa manusia prasejarah zaman dulu hidupnya sering berpindah-pindah tempat atau nomaden. Kenapa mereka berpindah-pindah? tujuan utamanya yaitu untuk memenuhi kebutuhan hidup (makan, dsb).

Bukan hanya manusia, hewan pun juga selalu cenderung ingin hidup di daerah atau habitat yang menurutnya cocok untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Pepatah mengatakan dimana ada gula disana ada semut.

Mengapa orang-orang desa banyak yang mencari rezeki di kota? karena banyak orang yang beranggapan mencari rezeki di kota lebih mudah, walaupun sebenarnya menurut saya ini relatif. Tapi ada benarnya juga, kalau kita melihat dari sudut pandang jumlah populasi masyarakat kota yang relatif lebih banyak, dan juga mobilitas masyarakat kota yang tinggi, ini bisa berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi di perkotaan.

Banyak yang menilai bahwa mahasiswa Kedokteran Gigi itu punya kelas tersendiri (tapi bukan berarti harus merasa superior), masyarakat menganggap yang namanya mahasiswa Kedokteran itu baik Kedokteran maupun Kedokteran Gigi secara intelektual tinggi. Apalagi kalau sudah lulus menjadi dokter maupun dokter gigi, masyarakat menilai dokter itu memiliki status sosial yang cukup tinggi. Walaupun sebenarnya di mata Allah Ta'ala derajat paling tinggi itu yaitu orang yang beriman dan bertaqwa.

Dokter ataupun dokter gigi itu oleh masyarakat dianggap sebagai pemimpin, salah satu contohnya ketika seorang dokter atau dokter gigi mendaftarkan diri ke institusi TNI Polri, setelah diterima kemudian menjalani pendidikan, kemudian setelah selesai pendidikan pertama itu kan langsung berpangkat sebagai perwira, artinya kan dokter atau dokter gigi itu dipandang layak sebagai seseorang pemimpin.

Salah satu ciri seorang pemimpin adalah mempunyai kemampuan dan kemauan untuk menganalisa wilayah atau daerah sekitarnya, apa kekuatan daerahnya? apa kelemahan daerahnya? apa peluang untuk daerahnya? apa ancaman untuk daerahnya?. 

Hasil analisa tersebut harus dituangkan kedalam aksi nyata. Misalnya anda sebagai dokter gigi yang bekerja sebagai PNS di sebuah Puskesmas, Di wilayah kerja Puskesmas anda ada potensi pertanian yang sangat luar biasa, tapi para petani di daerah anda terkendala masalah pemasaran. Anda sebagai dokter gigi (pemimpin) harus mampu hadir sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi. Bagaimana contoh caranya? misalnya saja anda punya grup WhatsApp Alumni FKG Universitas xxxx, coba anda pasarkan hasil petani daerah anda di grup WhatsApp tersebut, atau anda posting di sosial media yang anda miliki. Kelihatannya ini sederhana ya, tapi ini berdampak besar.

Atau mungkin daerah anda ada tempat yang indah, layak untuk dijadikan tempat wisata, tapi belum banyak yang tahu daerah tersebut. Coba anda ajak kolega anda yang ada di daerah lain untuk wisata ke daerah anda. Ketika kolega anda wisata ke daerah anda, maka otomatis akan bawa uang, akan belanja di daerah anda,  terjadilah peristiwa ekonomi yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat daerah anda.

Kalau daerah anda semakin maju dan berkembang, potensi daerah dimanfaatkan, ekonomi daerah menjadi tumbuh, masyarakat sejahtera. Ini bisa berdampak pada peningkatan daya beli masyarakat yang nantinya saya yakin akan berdampak pada tempat praktek anda.

Contoh Peran Dokter Gigi dalam Membangun dan Mengembangkan Potensi Daerah
drg. Pridiana Oskandar seorang dokter gigi lulusan FKG Universitas Padjadjaran, anggota PDGI Cabang Majalengka, yang hobi bercocok tanam, beliau melihat potensi daerahnya yaitu Kabupaten Majalengka sangat subur, maka beliau memanfaatkan sawah untuk menanam padi organik dengan nama Beras Gurahit yang ditanam secara organik dan modern. Ini adalah suatu contoh yang sangat luar biasa.

Semoga bermanfaat!

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Kenapa Saat Sakit Gigi Tidak Boleh Cabut Gigi?

Minum Amoxicillin Sembarangan Saat Sakit Gigi, Bahaya!

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri