Inilah Biaya Scaling Membersihkan Karang Gigi

Scaling Membersihkan Karang Gigi Dokter Gigi Gelar S. Ramdhani
Scaling atau Membersihkan Karang Gigi (sumber gambar: ridgewooddental.com)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

Sering kali masyarakat bertanya kepada saya "dok, berapa tarif atau harga bersihin karang gigi atau scaling?" sebelum saya jawab saya ingin menjelaskan terlebih dahulu bagaimana seorang dokter gigi menentukan tarif atau biaya atau harga.

Banyak sekali faktor yang menentukan biaya perawatan dokter gigi, sebut saja bahan yang digunakan, lokasi praktek, tingkat kesulitan pekerjaan, banyak atau tidaknya pekerjaan, dan lain sebagainya.

Misalnya saja faktor bahan yang digunakan, kenapa biaya tambal gigi di dokter gigi A misal per gigi Rp 200.000 tapi di dokter gigi B misal per gigi Rp 250.000? ini sangat wajar terjadi, karena mungkin saja merk bahan tambal yang digunakan dokter gigi A dan dokter gigi B berbeda. Kalau begitu bahan tambal di dokter gigi A jelek dong karena lebih murah? oh tentu tidak, semua bahan yang digunakan oleh dokter gigi di Indonesia sudah memenuhi standar kualitas, kesehatan, dan keamanan yang ditetapkan, hanya saja kan variasi harga bahan tambal di pasaran memang bervariasi. 

Kemudian beda kota juga bisa jadi beda tarif perawatan dokter gigi. Misal biaya cabut gigi di Jakarta Rp 500.000, sedangkan biaya cabut gigi di Bandung hanya Rp 300.000, atau bisa juga masih satu kota, beda lokasi tapi beda tarif, itu sangat mungkin terjadi, dan itu wajar.

Jadi Berapa Biaya Scaling atau Bersihin Karang Gigi?
Masing-masing dokter gigi berbeda-beda dalam menentukan biaya pembersihan karang gigi, terkadang dokter gigi juga mempertimbangkan sedikit atau banyaknya karang gigi yang harus dibersihkan. Misalnya lebih banyak karang gigi yang harus dibersihkan, ya mungkin saja lebih mahal. Saran saya anda harus rajin membersihkan karang gigi, rajin periksa gigi minimal 6 (enam) bulan sekali ke dokter gigi.

Ketika anda rutin periksa gigi, rutin bersihkan karang gigi, sangat mungkin mengurangi biaya yang harus anda keluarkan untuk perawatan gigi anda.

Semoga bermanfaat 🙏🙏

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Kenapa Saat Sakit Gigi Tidak Boleh Cabut Gigi?

Minum Amoxicillin Sembarangan Saat Sakit Gigi, Bahaya!

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri