Mau Tahu Biaya Cabut Gigi di Dokter Gigi? Baca Ini!

Pencabutan Cabut Gigi
Cabut Gigi (sumber gambar: dongnamdental.com)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

Pertanyaan yang sering ditanyakan oleh masyarakat kepada saya adalah pertanyaan seputar biaya atau harga perawatan tindakan gigi dan mulut, misalnya saja "Dok, berapa tarif cabut gigi?" pertanyaan tersebut sering sekali saya terima.

Anda perlu paham terlebih dulu bahwa tarif tindakan kedokteran gigi itu sangat bervariasi atau beda-beda, karena dipengaruhi banyak faktor. Misalnya saja faktor bahan atau obat yang digunakan, lokasi tempat praktik, tingkat kesulitan pekerjaan, tingkat resiko pekerjaan, durasi atau waktu pengerjaan, dan lain sebagainya.

Tindakan pencabutan gigi biayanya sangat bervariasi, misalnya saja tarif pencabutan gigi anak, biasanya beda dengan tarif pencabutan gigi dewasa. Cabut gigi dewasa juga tiap-tiap gigi bisa berbeda harganya, misal cabut gigi depan, bisa jadi harganya beda dengan cabut gigi belakang, apalagi gigi belakang dengan tingat kesulitan yang tinggi.

Sebagai dokter gigi saya menyarankan, jika anda ingin Informasi biaya yang pasti, anda jangan ragu untuk bertanya langsung atau konsultasi dengan dokter gigi terdekat atau dokter gigi kesayangan anda. Dengan anda bertanya langsung ke dokter gigi tentu anda akan mengetahui berapa biayanya?

Saya juga menyarankan agar anda bertanya siapa saja (atau kriteria) yang boleh dicabut dan yang tidak boleh dicabut? kemudian tanya juga resiko yang mungkin terjadi setelah pencabutan, dan bagaimana cara penanggulangan resikonya. Boleh juga anda sekalian bertanya instruksi yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan setelah cabut gigi.

Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter gigi, karena anda berhak tahu lebih tentang kesehatan gigi dan mulut anda.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Kenapa Saat Sakit Gigi Tidak Boleh Cabut Gigi?

Minum Amoxicillin Sembarangan Saat Sakit Gigi, Bahaya!