Warga Argapura Majalengka Harus Ambil Peluang!

Terasering Panyaweuyan Wisata Unggulan Kabupaten Majalengka (sumber gambar: wisatajabar.com)

Oleh: Gelar S. Ramdhani

Saat ini kawasan wisata alam Terasering Panyaweuyan adalah salah satu destinasi wisata unggulan kabupaten Majalengka, lokasinya berada di kecamatan Argapura. Jika saya perhatikan kurang lebih 5 (lima) tahun terkahir, kawasan wisata alam Terasering Panyaweuyan semakin hari semakin viral di sosial media, hal tersebut mengundang banyak orang ingin berwisata ke Panyaweuyan.

Bukan hanya wisatawasan asal kabupaten Majalengka saja, saat ini dari luar Majalengka pun, bahkan dari luar Jawa Barat sudah banyak yang berkunjung ke Terasering Panyaweuyan. Selain udaranya yang sejuk, karena berada di dataran tinggi, masih sekitar kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC), kawasan Terasering Panyaweuyan juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah, dan sangat unik karena tidak semua daerah di Indonesia bahkan di dunia, memiliki panorama yang seperti itu.

Saya sangat mengapresiasi Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka dan juga Pemerintah Provinsi Jawa Barat, menurut saya saat ini sudah cukup serius melakukan penataan dan penambahan berbagai fasilitas umum di kawasan wisata Panyaweuyan, sehingga masyarakat yang berkunjung atau wisata ke Panyaweuyan semakin nyaman.

Kawasan Panyaweuyan yang semakin viral, pengunjung atau wisatawan yang semakin meningkat, menurut saya ini adalah peluang ekonomi yang harus dimanfaatkan! Jangan sampai masyarakat kabupaten Majalengka khususnya masyarakat Argapura hanya menjadi penonton saja.

UMKM dan Ekonomi Kreatif Argapura Harus Berkembang!
Saya berfikir orang luar yang datang ke Majalengka, atau datang ke Argapura. Sebisa mungkin jangan hanya berkunjung, kemudian foto-foto, kemudian (maaf) cuma buang sampah saja. Tapi bagaimana caranya agar orang luar tersebut mau mengeluarkan uang, mau belanja, ada transaksi dengan masyarakat Majalengka. Sehingga masyarakat Majalengka merasakan manfaat dari semakin ramainya orang luar berkunjung ke Majalengka.

Bagaimana caranya agar orang luar mau mengeluarkan uang (transaksi) di Majalengka? Ya caranya kita sebagai tuan rumah harus menyediakan apa yang orang luar butuhkan, tapi yang halal ya, jangan melanggar aturan Agama dan aturan Negara. 

Misal, wisatawan butuh angkutan antar jemput dari Maja, ya kita sediakan angkutan antar jemput yang layak, aman, dan nyaman untuk wisatawan. Kemudian wisatawan butuh oleh-oleh khas Panyaweuyan, ya kita sediakan oleh-oleh yang khas Panyaweuyan, dan lain sebagainya.

Selain itu ekonomi kreatif Argapura juga harus semakin berkembang, biasanya yang menghidupkan ekonomi kreatif ini adalah pemuda. Ayo pemuda Argapura, bangkitkan ekonomi kreatif Argapura. Ekonomi kreatif ini apabila dikelola dengan serius, bisa menjadi sumber penghasilan bagi masyarakat, tentunya secara tidak langsung mengurangi pengangguran.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Tips Wisata ke Panyaweuyan Majalengka

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Minum Amoxicillin Sembarangan Saat Sakit Gigi, Bahaya!