Cerita Beli Bibit Pohon ke Pusat Bibit Majalengka

Majalengka adalah salah satu sentra bibit pohon terbaik di Indonesia (sumber gambar: koleksi pribadi)

Oleh: Gelar S. Ramdhani

Hari Minggu (5/1/20) saya diajak lari pagi oleh dosen saya ke kampus Unpad Jatinangor Sumedang, setelah selesai lari pagi beliau mengajak saya mencari bibit pohon buah mangga untuk ditanam di pekarangan rumah beliau. Singkat cerita saya diajak ke sebuah tempat penjualan bibit tanaman di daerah Jatinangor Sumedang.

Begitu sampai di tempat penjualan bibit pohon tersebut, beliau langsung bertanya kepada penjual "Bu, gaduh bibit tangkal buah?" (Bu, punya bibit pohon mangga?). Penjual bibit tersebut menjawab "aya" ("ada"), kemudian asisten ibu penjual tersebut mengajak kami ke belakang, dan kami diperlihatkan bibit pohon mangga, lumayan tinggi sekitar 2 meteran.

Dosen saya bertanya kepada asiten ibu penjual tersebut "Mang, sabaraha ieu pangaosna?" ("Mang, berapa ini harganya?"), langsung dijawab "Mangga anu ieu pangaosna Rp 300 rebu" ("Silahkan yang ini harganya Rp 300 ribu"). Dalam hati, saya sangat terkejut mendengar harga bibit tanaman buah mangga yang per pohonnya mencapai Rp 300 ribu, tak lama kemudian saya langsung memberikan isyarat kepada dosen saya agar kita cari bibit pohon di tempat lain, dan saya langsung punya inisiatif untuk membawa beliau ke kampung halaman saya Majalengka tercinta.

Dosen saya langsung mengerti dengan isyarat saya, setelah itu kami pamit tidak jadi beli di tempat itu, kemudian kami pergi, dan setelah di dalam mobil saya cerita ke dosen saya, bahwa di kampung halaman saya Majalengka, ada sebuah daerah yang menjadi sentra petani bibit pohon atau bibit tanaman yang sudah sangat terkenal, bahkan pemasaran bibitnya hingga ke pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Bali, hingga Papua. 

Mendengar informasi dari saya seperti itu, dosen saya langsung setuju "Hayu ka Majalengka!" dan rupanya dosen saya baru tahu kalau Kabupaten Majalengka adalah salah satu daerah sentral bibit pohon atau bibit tanaman terbaik di Indonesia.

Berangkat dari Jatinangor sekitar pukul 09.00 WIB dan sampai di Kota Majalengka sekitar pukul 11.00 WIB, dari Kota Majalengka kami langsung meluncur ke arah Kecamatan Rajagaluh, setelah lewat Kecamatan Sukahaji, sebelum Rajagaluh ada Desa Salagedang, dari Desa Salagedang kami belok kanan ke arah Desa Gunung Kuning Kecamatan Sindang.

Dari jalan raya (Pertigaan Desa Salagedang) untuk sampai di Desa Gunung Kuning kami harus melewati jalan kecil yang lebarnya sekitar 4 meter, dilapisi aspal hotmix, terdapat medan tanjakan yang lumayan menanjak, tapi tidak perlu khawatir, kami saja pakai mobil Nissan Grand Livina Matic pun bisa naik dengan mudah.

Petani bibit tanaman di Majalengka (sumber gambar: koleksi pribadi)

Sekitar pukul 11.30 WIB kami memasuki Desa Gunung Kuning Kecamatan Sindang, desa tersebut adalah salah satu sentra bibit pohon, sejak dulu mayoritas penduduk Desa Gunung Kuning adalah petani bibit. Sebelum masuk perkampungan Desa Gunung Kuning, pas tanjakan terakhir sebelum perkampungan, kami berhenti di sebuah area pembibitan.

Kami langsung bertemu dengan seorang lelaki, yang ternyata lelaki tersebut adalah salah satu juragan bibit pohon di Desa Gunung Kuning. Setelah kami ngobrol-ngobrol dan berkenalan dengan lelaki tersebut, ternyata nama beliau adalah Pak Haji Sudarja. 

Pak Haji Sudarja dengan ramah memberitahu kami satu per satu jenis bibit tanaman yang beliau jual, beserta harga masing-masing bibit. Dosen saya langsung kaget ketika mendengar bahwa harga bibit pohon mangga di Gunung Kuning hanya Rp 50.000 (Lima puluh ribu Rupiah) saja per pohon, sedangkan tadi di Jatinangor harganya Rp 300.000 (Tiga ratus ribu Rupiah) per pohon, padahal jenis mangganya sama, tingginya pun sama. Luarr biasa murah.....!!

Dosen saya langsung inisiatif untuk membeli bibit pohon dalam jumlah banyak, saya pun langsung menghubungi sahabat saya Kang Wawan yang biasa mengemudi angkutan bak terbuka (pick up) ke luar kota.

Bibit pohon dari Majalengka siap dibawa ke Bandung (sumber gambar: koleksi pribadi)

Dosen saya ini memang senang bercocok tanam, senang berkebun, apalagi sekarang saya ajak langsung berkunjung ke sentra bibit tanaman di Majalengka yang harganya sangat murah dibandingkan dengan beli bibit di kota besar.

Tak terasa waktu sudah pukul 13.00 WIB, mobil bak terbuka yang dibawa Kang Wawan sudah penuh dengan berbagai macam bibit tanaman, mulai dari bibit pohon mangga, rambutan, jambu, durian, jeruk, hingga bibit tanaman hias siap dibawa ke Kota Bandung, untuk ditanam.

Bibit pohon asal Majalengka memang mantap (sumber gambar: koleksi pribadi)

Mobil bak terbuka Kang Wawan langsung berangkat ke Bandung, sedangkan mobil kami singgah dulu di Obyek Wisata Situ Cipanten Desa Gunung Kuning, sambil menikmati kawasan wisata alam yang masih sangat asri, dan Pak Haji Sudarja mengajak dosen saya untuk menikmati durian khas Desa Gunung Kuning langsung dari pohonnya. Tapi sayang, saya sendiri termasuk golongan anti durian hehehe..


Wisata dulu ke Situ Cipanten, Majalengka (sumber gambar: koleksi pribadi)

Terakhir dari saya, semoga kedepannya Pemerintah Kabupaten Majalengka dapat memaksimalkan potensi bibit pohon Majalengka, sehingga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Majalengka. Misalnya pemerintah lebih serius lagi membantu pemasaran, membantu permodalan petani, dan membantu pembinaan petani agar mampu meningkatkan produksi.

====================
Informasi Penjualan Bibit Pohon Desa Gunung Kuning Kecamatan Sindang Kabupaten Majalengka
Apabila anda membutuhkan bibit pohon atau bibit tanaman apapun, silahkan datang saja ke Desa Gunung Kuning (lokasi bisa anda di cek di Google Maps), letaknya tidak begitu jauh dari Kota Majalengka, juga tidak terlalu jauh dari Tol Cipali atau Bandara Kertajati (BIJB). Saya rekomendasikan hubungi saja Pak Haji Sudarja apabila anda membutuhkan bibit pohon, ini nomor telepon beliau 0852-1735-0350

Saya sarankan kalau anda ke Kabupaten  Majalengka jangan hanya belanja bibit, tapi sekalian juga ajak keluarga atau sahabat anda jalan-jalan wisata keliling Majalengka. Majalengka saat ini sedang bersemangat membangun wisata, khususnya wisata alam, karena Majalengka punya potensi keindahan alam yang sangat luar biasa.

Anda butuh informasi seputar wisata Majalengka? Silahkan anda bisa menghubungi sahabat saya Kang Kiki 0896-2046-6817, atau jika anda ke Majalengka tidak membawa kendaraan pribadi, anda tidak perlu khawatir hubungi saja Kang Irfan 0852-2434-0429 (Asli Majalengka), beliau adalah sahabat saya juga, beliau menyediakan jasa rental mobil profesional untuk wisata keliling Majalengka, siap antar jemput dari kota besar, antar jemput hotel, bandara, stasiun kereta api, terminal, dan tempat-tempat lainnya.

Semoga informasi ini bermanfaat, Hayu ka Majalengka!

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Posting Komentar

Tulisan paling populer

Tips Wisata ke Panyaweuyan Majalengka

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Minum Amoxicillin Sembarangan Saat Sakit Gigi, Bahaya!