Kenapa Saat Sakit Gigi Tidak Boleh Cabut Gigi?

Sebaiknya anda melakukan pencabutan gigi saat gigi anda tidak sakit (sumber gambar: thorndent.co.uk)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

Tak jarang seseorang yang sedang mengalami sakit gigi, datang ke dokter gigi untuk meminta agar giginya segera dicabut. Dengan anggapan apabila gigi yang sakit, langsung dicabut maka sakit yang dirasakan bisa hilang dengan seketika, ini salah besar!

Dokter gigi tidak akan mau melakukan pencabutan terhadap gigi yang sedang sakit, kecuali ada pertimbangan medis tertentu. Apa Alasannya?

Mungkin anda juga sudah tahu bahwa salah satu tahapan dari proses tindakan pencabutan gigi adalah proses pembiusan atau proses melumpuhkan sementara saraf gigi (anestesi). Pembiusan pada umumnya dilakukan dengan cara menyuntikkan obat bius, ke dalam jaringan tubuh manusia pada sekitar area saraf yang akan dilumpuhkan.

Nahh.... pada saat gigi seseorang sakit, terjadi peradangan atau bahkan pembengkakan jaringan (misal: gusi) pada area sekitar gigi yang sakit. Keadaan peradangan atau pembengkakan jaringan inilah yang membuat obat bius mungkin saja tidak akan bereaksi dengan efektif, sehingga proses melumpuhkan saraf menjadi tidak optimal.

Proses pencabutan gigi dengan pembiusan yang kurang optimal dikhawatirkan akan mengalami rasa sakit yang luar biasa.

Selain itu gigi yang sakit dengan jaringan disekitarnya yang mengalami pembengkakan dan peradangan, jika dipaksakan untuk dilakukan pencabutan, sangat dikhawatirkan pada saat pencabutan akan terjadi kontak bakteri yang lebih banyak, sehingga memperburuk kondisi infeksi yang terjadi pasca pencabutan.

Dalam kondisi gigi anda sakit, dokter gigi biasanya akan memberikan obat terlebih dahulu sebelum dilakukan pencabutan, tujuannya agar sakit gigi yang anda rasakan berkurang, serta radang dan bengkak yang terjadi juga berkurang.

Saya berharap apabila anda datang ke dokter gigi pada saat sakit gigi, katakan saja sejujurnya kepada dokter gigi, bahwa gigi anda sedang sakit!. Jangan memasksa dokter gigi untuk mencabut gigi anda dalam keadaan sakit, dan selalu ikuti arahan dokter gigi untuk kesehatan dan keselamatan anda.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini
----------------------------------------------
Yuk tonton aneka video tentang
kesehatan gigi dan mulut
dari drg. Gelar S. Ramdhani klik disini

Komentar

  1. dok bgaiamana cara mengurangi sakit gigi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dok saya mau tanya gigi saya sakit padahal udah ditambal kok masih sakit ya dok...buat makan aja rasanya ngilu udah kumur pakai air garam belum jg berkurang...kedokter jg sudah dikasih obat kok belum juga berkurang ya dok rasa sakitnya....terima kasih sebelumnya

      Hapus
    2. bagaimana mengatasi sakit pada gusi??

      Hapus
    3. Untuk penanganan sakit gigi yang baik dan efektif silahkan Bapak/Ibu datang langsung ke Dokter Gigi terdekat. semoga sehat selalu

      Hapus
  2. Dok gigi saya udh lima hari sakit,
    Gusi bengkak gmna dok solusinya?

    BalasHapus
  3. Dok gimana kalau gigi nya sakit tiap hari ,obat tiap hari di minum apa setelah minum obat sakit nya hilang boleh cabut gigi?

    BalasHapus
  4. Dokter, sy mencabut gigi sy sendiri tanpa bantuan dokter, krn gigi sy udh goyang tetapi msig skit, dan skrg kondisi sy ompong dok, tetapi rasa sakit dari gigi sy itu msih terasa sampai sekarang dokter, bgamna cara sy mengobatix?

    BalasHapus
  5. Assalamualaikum dokter saya izin,mau tanya apakah boleh anak umur 19 thun mau cabut gigi, yg berlubang apakah ada resiko nya gak dokter yg mau cabut gigi klu, gak mau cabut apa obat sakit gigi nya dokter, salam saya sumatra selatan dok

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum dokter saya izin,mau tanya apakah boleh anak umur 19 thun mau cabut gigi, yg berlubang apakah ada resiko nya gak dokter yg mau cabut gigi klu, gak mau cabut apa obat sakit gigi nya dokter, salam saya sumatra selatan dok

    BalasHapus

Posting Komentar

Tulisan paling populer

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Klasifikasi Karies Menurut GV Black

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri