Kenapa Saat Sakit Gigi Tidak Boleh Cabut Gigi?

Sebaiknya anda melakukan pencabutan gigi saat gigi anda tidak sakit (sumber gambar: thorndent.co.uk)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

Apabila seseorang sedang mengalami sakit gigi yang hebat, tak jarang orang yang sakit gigi tersebut datang ke dokter gigi untuk meminta agar giginya dicabut. Dengan anggapan apabila gigi yang sakit dicabut maka sakit yang dirasakan bisa hilang dengan seketika, ini salah besar!

Dokter gigi tidak akan mau melakukan pencabutan terhadap gigi yang sedang sakit, kecuali ada pertimbangan medis tertentu. Namun apabila tidak ada perimbangan medis tertentu dokter gigi tidak akan mau melakukan pencabutan pada gigi yang sedang sakit. Apa Alasannya?

Mungkin anda juga sudah tahu bahwa salah satu tahapan dari proses tindakan pencabutan gigi adalah proses pembiusan atau proses melumpuhkan sementara saraf gigi (anestesi). Pembiusan pada umumnya dilakukan dengan cara menyuntikkan obat bius, ke dalam jaringan tubuh manusia pada sekitar area saraf yang akan dilumpuhkan. Nah.. pada saat gigi seseorang sakit, terjadi peradangan atau bahkan pembengkakan jaringan (misal: gusi) pada area sekitar gigi yang sakit. Keadaan peradangan atau pembengkakan jaringan inilah yang membuat obat bius tidak akan bereaksi dengan efektif, sehingga proses melumpuhkan saraf menjadi tidak optimal.

Proses pencabutan gigi dengan pembiusan yang kurang optimal dikhawatirkan akan mengalami rasa sakit yang luar biasa. Selain itu gigi yang sakit dengan jaringan disekitarnya yang mengalami pembengkakan dan peradangan, jika dipaksakan untuk dilakukan pencabutan, sangat dikhawatirkan pada saat pencabutan akan terjadi kontak bakteri yang lebih banyak, sehingga memperburuk kondisi infeksi yang terjadi pasca pencabutan. Ini sangat bahaya sekali!

Dalam kondisi gigi anda sakit, dokter gigi biasanya akan memberikan terlebih dahulu pengobatan sebelum pencabutan dilakukan, tujuannya agar sakit gigi yang anda rasakan berkurang, serta radang dan bengkak yang terjadi juga berkurang.

Saya berharap apabila anda datang ke dokter gigi pada saat sakit gigi, katakan saja sejujurnya kepada dokter gigi apabila gigi anda sedang sakit gigi, jangan memaksa dokter gigi untuk mencabut gigi anda, dan selalu ikuti arahan dokter gigi untuk kesehatan dan keselamatan anda.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Kita Butuh Bus Bandung Majalengka yang Layak!

Rekomendasi Bus dari Jakarta ke Majalengka

Kisah Kang Ari Lolos Seleksi CPNS 2018