Minum Amoxicillin Sembarangan Saat Sakit Gigi, Bahaya!

Amoxicillin (sumber gambar: grid.id)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

Saya sering mendengar cerita masyarakat yang mengaku ketika sakit gigi sering mengkonsumsi antibiotik jenis Amoxicillin (atau di masyarakat dikenal dengan istilah amoksilin, amoksisilin, ampisilin). Jadi, begitu gigi terasa sakit langsung beli obat Amoxicillin ke apotek (tanpa resep dokter) ditambah obat nyeri, biasanya Asam Mefenamat. 

BAGAIMANA MENURUT DOKTER GIGI?
Masyarakat perlu tahu dulu bahwa Amoxicillin bukan obat yang dapat menghilangkan atau mengurangi rasa sakit (pereda nyeri), Amoxicillin adalah jenis obat antibiotik atau obat yang memiliki fungsi membunuh bakteri atau kuman.

Memang betul seorang dokter gigi apabila ada pasien datang berobat mengeluhkan sakit gigi sebagian pasien diberikan resep obat Amoxicillin. Tapi ingat, tidak semua pasien sakit gigi diberikan Amoxicillin, karena dokter gigi punya berbagai pertimbangan dalam memberikan obat Amoxicillin, mulai dari kondisi sakitnya seperti apa? bengkak atau tidak? jenis bengkaknya seperti apa? jenis kuman penyebab bengkaknya apa? ada riwayat alergi obat tertentu atau tidak? ada riwayat penyakit sistemik atau tidak? sedang hamil tidak? sedang menyusui tidak? banyak sekali pertimbangannya.

Mengkonsumsi Amoxicillin harus sesuai anjuran atau resep dokter atau dokter gigi, karena apabila anda mengkonsumsi Amoxicillin asal-asalan bisa berakibat membahayakan kesehatan tubuh anda dikemudian hari. 

Sakit gigi seseorang juga berbeda-beda, ada yang sakit disertai bengkak, ada juga yang sakit belum disertai bengkak. Nah... bagi yang sakit belum disertai bengkak biasanya dokter gigi tidak memberikan resep obat antibiotik. Kita semua pasti tahu bahwa setiap obat memiliki efek samping yang kurang baik bagi tubuh manusia, jadi apabila efek samping lebih besar daripada manfaat, maka dokter akan mempertimbangkan efek sampingnya.

Kuman penyebab bengkak juga berbeda-beda, termasuk bengkak pada gusi atau pada mulut. Anda perlu tahu bahwa ada kuman penyebab bengkak yang mati dengan Amoxicillin, ada yang mati ketika Amoxicillin dikombinasikan dengan antibiotik lain, atau ada pula kuman penyebab bengkak yang kebal dengan obat Amoxicillin. Jenis obat antibiotik itu berbagai macam, bukan hanya Amoxicillin.

Alergi obat juga menjadi pertimbangan dokter gigi dalam memberikan Amoxicillin, karena reaksi alergi setiap orang berbeda-beda. Banyak orang yang alergi dengan Amoxicillin, jadi ada orang yang ketika mengkonsumsi Amoxicillin tubuhnya langsung alergi, dan anda jangan menganggap sepélé reaksi alergi, sekali lagi anda tidak boleh mengkonsumsi Amoxicillin sembarangan!

Apabila dokter gigi memberikan resep obat Amoxicillin biasanya menginstruksikan kepada pasien agar dikonsumsi sampai habis sesuai anjuran dokter, walaupun sakit atau bengkaknya sudah sembuh. Kenapa demikian? karena kuman pada tubuh tidak langsung mati begitu saja ketika pertama kali mengkonsumsi Amoksilin, perlu proses yang cukup panjang. Ketika proses membunuh bakteri masih berjalan tapi mengkonsumsi Amoxicillin sudah dihentikan, sangat mungkin kuman tersebut berbalik menjadi lebih kebal atau lebih kuat terhadap Amoxicillin. 

Jadi, suatu saat nanti anda sakit atau bengkak kembali, karena sebelumnya ada riwayat mengkonsumsi Amoxicillin tidak tuntas atau berhenti ditengah jalan, maka kuman sudah menjadi lebih kebal dan tidak akan mati dengan Amoxicillin, harus menggunakan obat antibiotik jenis lain yang lebih tinggi, dan bisa jadi harganya lebih mahal. Anda sendiri yang rugi!

Saran dari saya, apabila anda sakit gigi boleh mengkonsumsi obat nyeri seperti Parasetamol saat dalam kondisi darurat, jika sakitnya hilang Alhamdulillah, namun apabila sakitnya masih tetap berlanjut jauh lebih baik dan lebih aman anda datang ke Puskesmas atau ke Dokter Gigi untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang terbaik. Hindari beli obat sembarangan tanpa resep obat ke apotek, karena obat itu adalah bahan kimia yang memiliki efek samping bagi tubuh kita.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Kita Butuh Bus Bandung Majalengka yang Layak!

Rekomendasi Bus dari Jakarta ke Majalengka

Kisah Kang Ari Lolos Seleksi CPNS 2018