Minum Amoxicillin Sembarangan Saat Sakit Gigi, Bahaya!

Amoxicillin (sumber gambar: grid.id)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

Saya sering mendengar cerita masyarakat yang mengaku ketika sakit gigi sering mengkonsumsi antibiotik jenis Amoxicillin (atau di masyarakat dikenal dengan istilah amoksilin, amoksisilin, ampisilin). Jadi, begitu gigi terasa sakit langsung beli obat Amoxicillin ke apotek (tanpa resep dokter) ditambah obat nyeri, biasanya Asam Mefenamat. 

BAGAIMANA MENURUT DOKTER GIGI?
Masyarakat perlu tahu, bahwa Amoxicillin bukan obat yang dapat menghilangkan atau mengurangi rasa sakit (pereda nyeri), Amoxicillin adalah jenis obat antibiotik atau obat yang memiliki fungsi membunuh bakteri atau kuman.

Memang betul dokter gigi apabila ada pasien datang berobat mengeluhkan sakit gigi sebagian pasien diberikan resep obat Amoxicillin. Tapi ingat, tidak semua pasien sakit gigi diberikan Amoxicillin, karena dokter gigi punya berbagai pertimbangan dalam memberikan obat Amoxicillin, mulai dari kondisi sakitnya seperti apa? bengkak atau tidak? jenis bengkaknya seperti apa? jenis kuman penyebab bengkaknya apa? ada riwayat alergi obat tertentu atau tidak? ada riwayat penyakit sistemik atau tidak? sedang hamil tidak? sedang menyusui tidak? banyak sekali pertimbangannya.

Mengkonsumsi Amoxicillin harus sesuai anjuran atau resep dokter atau dokter gigi, karena apabila anda mengkonsumsi Amoxicillin asal-asalan bisa berakibat membahayakan kesehatan tubuh anda dikemudian hari. 

Kuman penyebab bengkak juga berbeda-beda, termasuk bengkak pada rongga mulut.  Anda perlu tahu bahwa ada kuman penyebab bengkak yang mati hanya dengan Amoxicillin saja, ada juga yang mati ketika Amoxicillin dikombinasikan dengan antibiotik lain, dan ada pula kuman penyebab bengkak yang kebal dengan obat Amoxicillin. Jenis obat antibiotik itu berbagai macam, bukan hanya Amoxicillin.

Alergi obat juga menjadi pertimbangan dokter gigi dalam memberikan Amoxicillin, karena reaksi alergi setiap orang berbeda-beda. Banyak orang yang alergi dengan Amoxicillin, jadi ada orang yang ketika mengkonsumsi Amoxicillin tubuhnya langsung alergi, dan anda jangan menganggap sepélé reaksi alergi, sekali lagi anda tidak boleh mengkonsumsi Amoxicillin sembarangan!

Apabila dokter gigi memberikan resep obat Amoxicillin biasanya menginstruksikan kepada pasien agar dikonsumsi sampai habis sesuai anjuran dokter, walaupun sakit atau bengkaknya sudah sembuh. Kenapa demikian? karena kuman pada tubuh tidak langsung mati begitu saja ketika pertama kali mengkonsumsi Amoksilin, perlu proses yang cukup panjang. Ketika proses membunuh bakteri masih berjalan tapi mengkonsumsi Amoxicillin sudah dihentikan, sangat mungkin kuman tersebut berbalik menjadi lebih kebal atau lebih kuat terhadap Amoxicillin. 

Jadi, suatu saat nanti ketika anda kambuh sakit atau bengkak kembali, karena sebelumnya ada riwayat mengkonsumsi Amoxicillin tidak tuntas atau berhenti ditengah jalan, maka kuman sudah menjadi lebih kebal dan tidak akan mati dengan Amoxicillin, harus menggunakan obat antibiotik jenis lain yang lebih tinggi, dan bisa jadi harganya lebih mahal. Anda sendiri yang rugi!

Saran dari saya, apabila anda sakit gigi, saat dalam keadaan darurat boleh mengkonsumsi obat nyeri yang dijual bebas seperti Parasetamol, jika sakitnya hilang Alhamdulillah, namun apabila sakitnya masih tetap berlanjut, lebih baik dan lebih aman anda datang ke Puskesmas atau ke Dokter Gigi untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang terbaik. Hindari beli obat sembarangan tanpa resep dokter ke apotek.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini
----------------------------------------------
Yuk tonton aneka video tentang
kesehatan gigi dan mulut
dari drg. Gelar S. Ramdhani klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Rekomendasi Bus dari Jakarta ke Majalengka

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Klasifikasi Karies Menurut GV Black