Kita Butuh Bus Bandung Majalengka yang Layak!

Sudah saatnya jurusan Majalengka Bandung dilayani oleh bus yang aman nyaman dan mengutamakan keselamatan (sumber gambar: haltebus.com)

Oleh: Gelar S. Ramdhani

Arus pergerakan masyarakat dari kabupaten Majalengka ke kota Bandung menurut saya sangat besar setiap harinya, dengan berbagai kepentingan mulai dari kepentingan kerja, bisnis, hingga kepentingan sekolah atau kuliah. Sejak dulu hingga sekarang banyak sekali masyarakat Majalengka yang mencari nafkah di kota Bandung, tak ketinggalan anak muda Majalengka yang mencari ilmu di kota kembang pun sangat banyak.

Sebaliknya dari Bandung ke Majalengka juga banyak pergerakan masyarakat, terlebih saat ini kabupaten Majalengka menjadi salah satu tujuan wisata favorit berkelas dunia yang ada di Jawa Barat, dan juga seperti yang kita ketahui bahwa Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) terletak di kecamatan Kertajati, kabupaten Majalengka.

Pererakan masyarakat dari Bandung ke Majalengka atau sebaliknya boleh dibilang sangat tinggi, tapi sarana transportasi publik atau angkutan umum dari Bandung ke Majalengka masih sangat memprihatinkan. Sampai bulan November tahun 2019 ini, belum ada bus yang khusus melayani jurusan Majalengka - Bandung, khusunya dari kabupaten Majalengka wilayah selatan, seperti: Maja, Argapura, Talaga, Banjaran, Cikijing, Cingambul, dan sekitarnya.

Menurut saya sudah saatnya jurusan Majalengka Bandung dilayani olen angkutan umum (bus besar) yang mengutamakan:
  • Keamanan;
  • Keselamatan;
  • Kenyamanan;
  • Pelayanan Ramah;
  • Kepastian Berangkat dan Kepastian Sampai Tujuan;
  • Tarif atau Ongkos Terjangkau, dan;
  • Tepat Waktu.
Saat ini masyarakat Majalengka yang sering menggunakan angkutan umum (bis) rata-rata sudah lebih cerdas, tidak hanya mementingkan kecepatan saja, tapi juga masyarakat Majalengka sekarang sudah berani mengeluarkan uang lebih untuk "membeli" kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam perjalanan.

Tol Cisumdawu yang menghubungkan antara kota Bandung dengan kabupaten Majalengka diperkirakan sebentar lagi akan segera selesai pembangunannya, artinya secara jarak dan waktu tempuh Bandung - Majalengka bisa lebih dekat dan singkat. Infrastruktur jalan tol tersebut harus dimanfaatkan dengan menghadirkan layanan transportasi atau angkutan umum Majalengka - Bandung yang berkelas.

Selain itu saya sangat yakin apabila bus jurusan Majalengka - Bandung yang lebih layak sudah beroperasi, secara tidak langsung akan mendorong peningkatan kunjungan wisatawan asal Bandung dan sekitarnya ke Majalengka. Karena tidak semua wisatawan itu membawa kendaraan pribadi, banyak juga wisatawan yang senang naik kendaraan umum.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Rekomendasi Bus dari Jakarta ke Majalengka

Kisah Kang Ari Lolos Seleksi CPNS 2018