Bus dari Majalengka ke Jakarta via Bekasi

Bus Primajasa (sumber gambar: picbear.org)

Oleh: Gelar S. Ramdhani

Saya masih teringat zaman dulu kalau dari Majalengka ke Jakarta itu bisa seharian (berangkat subuh sampai di Jakarta sore atau maghrib) lewat Bandung - Cianjur - Puncak atau Bandung - Purwakarta atau bisa juga lewat Jatibarang - Pantura - Cikampek. Sekitar tahun 1995 - 1998 jarak dan waktu tempuh dari Majalengka ke Jakarta bisa lumayan dipersingkat dengan hadirnya jalur alternatif lewat Cijelag - Cikamurang - Subang - Sadang.

Alhamdulillah pada tahun 2015 Tol Cikopo - Palimanan atau lebih dikenal dengan sebutan Tol Cipali beroperasi. Sejak beroperasinya Tol Cipali sekarang perjalanan dari Kota Majalengka ke Jakarta kalau menggunakan mobil pribadi hanya sekitar tiga jam (kecepatan normal tanpa macet). Lalu bagaimana kalau naik bis atau transportasi umum dari Majalengka ke Jakarta? dalam kesempatan ini akan coba saya uraikan.

Sejak tahun 2018 kemarin salah satu perusahaan bis terkemuka di Indonesia yaitu PO. Primajasa membuka jalur bus Bekasi - Majalengka - Cikijing (lewat Tol. Cipali). Saya pribadi setelah hadirnya bus tersebut kalau dari Majalengka mau ke Jakarta lebih nyaman naik bus tersebut. Bus PO. Primajasa tersebut dari Kabupaten Majalengka berangkat dari Terminal Cikijing -> Kecamatan Talaga -> Kecamatan Banjaran -> Terminal Maja (transit pendakian gunung Ciremai via jalur Apuy) -> Pasar Cigasong -> Majalengka Kota -> Kecamatan Panyingkiran -> Pasar Kadipaten -> Kertajati -> Masuk Tol Cipali lewat gerbang Tol Kertajati.

Setelah masuk Tol Cipali bus tersebut lanjut ke Tol Jakarta Cikampek kemudian keluar di gerbang Tol Bekasi Timur, biasanya saya turun pas setelah keluar gerbang Tol Bekasi Timur, kemudian menunggu bis ke arah kota Jakarta seperti Mayasari atau juga Transjakarta, seperti tujuan Cawang, Slipi, Pasar Rebo, Kampung Rambutan, Lebak Bulus, Grogol, Senen, Tanah Abang, Tanjung Priok, Kalideres, Blok M, dan lain sebagainya. Bahkan untuk menuju Depok, Bogor, Tangerang, Cilegon, Serang, Merak, juga ada dari Bekasi Timur ini.

Dari segi kenyamanan bus Primajasa tersebut menurut saya cukup nyaman, sementara ini baru tersedia dua kelas yaitu: Kelas AC ekonomi (kursi 3-2), dan Kelas AC bisnis (kursi 2-2), dilengkapi pendingin udara, dan ruangan khusus merokok. Selama perjalanan bus ini tidak berhenti lama disetiap terminal, hanya menaikan atau menurunkan penumpang, kalau tidak ada penumpang hanya sekedar lewat.

Bus ini dari Terminal Cikijing menuju Bekasi berangkat setiap 45 - 60 menit sekali, mulai pukul 05.00 WIB (pagi) hingga pukul 17.00 WIB (sore). Kecuali hari Minggu (malam Senin) ada pemberangkatan pukul 23.00, 00.00, dan 01.00 WIB karena hari Minggu atau senin dini hari banyak warga Majalengka yang kembali bekerja ke daerah Karawang, Cikarang, Bekasi, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan sekitarnya.

Dari segi tarif juga sangat terjangkau, PO. Primajasa ini menerapkan sistem tarif kawasan, bukan tarif jauh dekat satu tarif. Sebagai informasi untuk anda tarif bis PO. Primajasa Cikijing - Bekasi, kelas AC ekonomi Rp 65.000 sedangkan kelas AC bisnis Rp 80.000 (tarif tersebut berlaku saat artikel ini ditulis yaitu bulan November 2019).

Oia, kemarin saya dapat kabar katanya dalam waktu dekat ini PO. Primajasa akan membuka jalur Cikijing - Majalengka -  Jakarta (Lebak Bulus), tapi belum tahu kapan mulai beroperasi?

Berikut saya informasikan nomor telepon/whatsapp agen bis Primajasa
- Terminal Bekasi 0812 1950 8449
- Terminal Cikijing 0852 9480 0749
- Website resmi PO. Primajasa 
www.primajasa.co.id

Informasi Bus dari Jakarta ke Majalengka (rute sebaliknya) KLIK DISINI

Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Rekomendasi Bus dari Jakarta ke Majalengka

Majalengka Tidak Butuh Wisata Pacaran!