Waktu yang Tepat ke Dokter Gigi

Klinik dokter gigi (sumber gambar: palmyra-clinic.com) 

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

Saat ini masih banyak masyarakat Indonesia yang datang ke dokter gigi, untuk periksa gigi, pada saat kondisi giginya sudah sakit atau bahkan sudah rusak parah. Datang ke dokter gigi pada kondisi tersebut, menurut saya kurang begitu ideal. Lalu kapan waktu ideal datang ke dokter gigi untuk periksa gigi?

Saya sarankan anda datang ke dokter gigi  tidak menunggu sakit gigi, atau menunggu gigi rusak. Datanglah ke dokter gigi paling tidak 6 (enam) bulan sekali untuk melakukan pemeriksaan rutin kesehatan gigi dan mulut, meskipun kondisi gigi tidak sakit atau tidak rusak, saya sarankan anda tetap lakukan pemeriksaan rutin.

Apa manfaat pemeriksaan rutin 6 (enam) bulan sekali?
Dokter gigi akan melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap kesehatan gigi dan mulut anda. Apabila pada saat pemeriksaan rutin dokter gigi menemukan terdapat masalah pada gigi anda, maka dokter gigi akan mendiagnosa lebih awal, dan juga mengatasi masalah (merawat) lebih awal.

Kerusakan pada gigi, sebut saja gigi berlubang. Jika gigi berlubang ditangani dengan segera ketika lubang gigi masih kecil, maka penanganannya tidak terlalu rumit, biasanya tidak perlu kunjungan berulang, prosesnya tidak terlalu lama, dan biaya yang dikeluarkan pun lebih hemat. Berbeda ketika anda datang ke dokter gigi, pada saat lubang gigi anda sudah parah, sudah mengenai bagian saraf gigi (pulpa), biasanya kalau lubang sudah mengenai saraf gigi, penanganannya tidak sederhana, rumit, dan tentu biaya yang dikeluarkan pun jauh lebih mahal dibanding anda merawat gigi yang kerusakannya masih kecil.

Manfaat lain anda datang ke dokter gigi rutin setiap 6 (bulan) sekali, yaitu dokter gigi akan mengecek tiap bagian pada mulut anda, apabila ditemukan kotoran gigi yang tidak dapat dibersihkan oleh sikat gigi (misalnya: karang gigi), dokter gigi akan memberitahu anda bahwa karang gigi yang ada di dalam mulut anda harus segera dibersihkan. Anda tidak boleh menganggap sepele karang gigi, karena karang gigi adalah tempat yang cukup nyaman bagi kuman untuk berkembang biak, gigi anda akan terlihat kotor (jorok), nafas anda mengeluarkan aroma tidak sedap (bau), gusi anda menjadi mudah berdarah, gusi anda bisa menjadi bengkak, dan karang gigi bisa merusak tulang penyangga gigi.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Tulisan paling populer

Rekomendasi Bus dari Jakarta ke Majalengka

Bus dari Majalengka ke Jakarta via Bekasi

Majalengka Tidak Butuh Wisata Pacaran!