Baca Dulu Ini Sebelum Lanjut PPDGS Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis

Radiologi Kedokteran Gigi
Aktivitas PPDGS di FKG Unpad
(sumber gambar : @radiologikgunpad)

Oleh : drg. Gelar S. Ramdhani

Halo teman sejawat semuanya, perkenalkan saya Gelar S. Ramdhani saat tulisan ini ditulis (Selasa, 15 Agustus 2023) saya sedang menempuh Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Radiologi Kedokteran Gigi Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (FKG Unpad) Bandung. Mohon doa ya dari teman-teman semuanya semoga proses pendidikan yang sedang saya jalani lancar jayaaa.... Aamiin....

Cukup banyak teman-teman sejawat yang bertanya ke saya seputar PPDGS, melalui tulisan ini saya ingin mencoba berbagi untuk teman-teman semuanya

  1. Melanjutkan sekolah spesialis tujuannya bukan untuk mempermudah nyari duit, agar duitnya banyak, dsb. Tapi yuk niatkan sekolah spesialis itu untuk pengembangan diri kita, memperdalam keilmuan, agar nantinya kita bisa melayani masyarakat lebih baik lagi. Masalah nyari duit, tidak perlu jadi tujuan utama, fokus aja lakukan yang terbaik, maka rezeki yang akan menghampiri kita, sesuai dengan usaha kita. 
  2. Menurut saya dinamika PPDGS itu beda banget dengan waktu saya menempuh pendidikan S1 ataupun Profesi (koas). Apanya yang beda banget? Hmmmm... apa ya? intinya kalau di PPDGS itu kita fokus mempelajari bidang yang sedang kita tempuh, tapi kita juga belajar integrasi dan kolaborasi keilmuan dengan bidang lain. Misal nih ya, bidang saya kan Radiologi Kedokteran Gigi saya disini fokus mempelajari lebih dalam tentang RKG. Tapi saya juga sering kolaborasi sama departemen lain, misal kolaborasi sama Prostodonsia dalam hal penyusunan rencana pemasangan dental implan.
  3. Mungkinkah lanjut sekolah PPDGS dengan modal nekad? MUNGKIN !! tapi sebaiknya jangan wkwkwk !!! Kalau anda punya keinginan untuk lanjut PPDGS sebaiknya dipersiapkan baik-baik. Minimal anda sudah punya gambaran mau ambil bidang spesialis apa? sekolahnya mau dimana? pendaftarannya kapan? syaratnya apa saja? biaya pendidikannya berapa? biaya sendiri atau beasiswa? sistem pendidikannya bagaimana? dan lain sebagainya.
  4. Dalam hal pemilihan bidang spesialis saya sarankan anda ikuti hati nurani anda. Anda suka bidang apa? cari tahu lebih dalam, dan sebaiknya pilih bidang itu. Jangan pilih bidang spesialisasi hanya karena ikut-ikutan teman, atau ikut-ikutan yang sedang ramai. Ingat ya menjalani sesuatu yang bukan bidang kesukaan kita itu (bisa aja sih, tapi...) sangat-sangat berat.
  5. Bagi anda yang sudah berkeluarga, punya anak, punya istri atau suami. Rencana anda melanjutkan sekolah PPDGS harus dipertimbangan baik-baik. Terutama dalam hal biaya dan sekolahnya mau dimana? Kalau sekolahnya mau di luar kota, ini harus jadi pertimbangan, mau pindah? atau mau long distance marriage dengan keluarga.
  6. Sebelum anda memutuskan untuk sekolah, ada baiknya anda punya teman yang sudah lebih dulu sekolah di bidang dan di kampus tujuan anda. Cari tahu informasi sebanyak mungkin, nahh... informasi-informasi dari teman anda tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan.
  7. Bagi anda yang sudah bekerja apalagi di institusi pemerintahan, sebelum memutuskan melanjutkan sekolah sebaiknha anda diskusi dulu dengan pimpinan tempat anda bekerja. 
  8. Mungkin gak sekolah spesialis dengan biaya beasiswa? SANGAT MUNGKIN !! ada banyak beasiswa untuk lanjut sekolah spesialis, silahkan anda bisa cari tahu sendiri, semangattt !!.
  9. Selain pertimbangan biaya, kondisi kesehatan diri kita juga harus menjadi pertimbangan. Aktivitas keresidenan itu menurut saya cukup menguras tenaga dan pikiran, maka dari itu kita butuh banget kondisi tubuh dan mental yang baik.
  10. PPDGS itu lebih mengutamakan kekompakan, kerjasama, kolaborasi. Tidak ada superman yang ada hanya super team. Tidak boleh ada kompetisi yang saling mengalahkan antara satu residen dengan residen lainnya.
  11. Bagi anda yang pernah sekolah S2. Sekolah spesialis ini beda banget sama sekolah S2, di spesialis kita tidak hanya kuliah tatap muka saja, tapi ada kegiatan keterampilan klinis (melayani pasien sesuai bidang kita), ada tugas-tugas, ada diksusi, membuat laporan kasus, publikasi ilmiah, harus ikutan seminar, ikutan pengabdian masyarakat, ikutan kepanitiaan di kampus, aktif dalam aktivitas keresidenan (olahraga, kesenian, dan lain sebagainya), pokoknya kegiatan di PPDGS itu seru banget.
Sebenarnya masih banyak yang ingin saya tulis disini seputar PPDGS, tapi kalau kebanyakan takut teman-teman malas bacanya. Hehehehe

PPDGS RKG Unpad
PPDGS Radiologi Kedokteran Gigi
FKG Unpad (sumber gambar : @radiologikgunpad)

Oia bagi teman-teman yang ingin lanjut ke PPDGS di FKG Unpad, disini ada banyak pilihan bidang spesialisasi yang bisa teman-teman pilih, diantaranya:
  1. PPDGS Prostodonsia
  2. PPDGS Konservasi
  3. PPDGS Bedah Mulut
  4. PPDGS Penyakit Mulut
  5. PPDGS Ortodonsia
  6. PPDGS Radiologi Kedokteran Gigi
  7. PPDGS Periodonsia
  8. PPDGS Kedokteran Gigi Anak
Semoga informasi ini bermanfaat ya teman-teman

==========================

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini
----------------------------------------------
Yuk tonton aneka video
tentang kesehatan gigi dan mulut
dari drg. Gelar S. Ramdhani klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Rekomendasi Bus dari Jakarta ke Majalengka

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Klasifikasi Karies Menurut GV Black