Sudah Pakai Pasta Gigi Sensitif Tapi Gigi Masih Tetap Ngilu

Oleh : drg. Gelar S. Ramdhani

Tanya : Kenapa gigi kita bisa terasa ngilu atau linu ?

Jawab : Gigi kita terdiri dari 3 lapisan atau bagian utama, diantaranya: lapisan email atau enamel, lapisan dentin, dan lapisan yang paling tengah yaitu lapisan pulpa. Pada lapisan pulpa terdapat saraf yang mempersarafi gigi, dengan adanya saraf pada gigi kita bisa merasakan sensasi dingin atau sensasi panas di sekitar area gigi atau rongga mulut.

Lapisan email atau enamel berfungsi sebagai benteng saraf pada lapisan pulpa, semakin tebal lapisan email maka semakin baik untuk melindungi saraf gigi agar tidak mengalami gigi sensitif. Ketika lapisan email mengalami pengikisan sehingga email menjadi tipis, peluang untuk terjadinya gigi ngilu atau sensitif semakin besar.

Anatomi Gigi Dokter Gigi
Anatomi Gigi
(sumber gambar: wikipedia.org)

Kenapa yang menjadi benteng utama pertahanan saraf gigi adalah lapisan enamel bukan lapisan dentin? karena yang paling kokoh dan rapat adalah lapisan enamel, sedangkan lapisan dentin jika kita lihat secara mikroskopis mempunyai saluran-saluran yang menembus bagian pulpa (saraf gigi). Maka dari itu lapisan dentin tidak dapat diandalkan untuk menahan saraf gigi dari suhu yang ekstrem, sehingga ketika lapisan enamel sudah rusak atau tipis, lapisan dentin terbuka, kemudian datang rangsangan panas atau dingin yang ekstrem, maka terjadilah gigi ngilu atau gigi sensitif.

Mikroskopis Dentin
Ilustrasi Lapisan Dentin
(sumber gambar: cdeworld.com)

Lapisan dentin yang bagian luarnya dilapisi kembali oleh lapisan enamel hanya bagian mahkota gigi saja, sedangkan dari bagian leher gigi ke bagian ujung akar, lapisan dentin tidak dilapisi enamel. Dari bagian leher gigi sampai ujung akar, yang menjadi benteng pertahanan saraf dari suhu ekstrem adalah jaringan periodontal, terutama gusi.

Gambaran Penurunan Gusi
(sumber gambar: centrepointdentalclinic.co.uk)

Ketika terjadi penurunan gusi, sehingga lapisan dentin terbuka, maka saraf gigi tidak mempunyai benteng pertahanan yang baik, ketika datang rangsangan suhu ekstrem panas atau dingin, maka gigi akan terasa ngilu atau sensitif.

Tanya : Apa saja yang menyebabkan gigi sensitif?

Jawab : Seperti yang tadi sudah dijelaskan bahwa penyebab gigi sensitif atau gigi menjadi ngilu, antara lain: pengikisan lapisan email, kemudian terbukanya lapisan dentin pada bagian yang seharusnya ditutupi oleh gusi, akibat adanya penurunan gusi atau resesi gingiva.

PENTING UNTUK ANDA KETAHUI: Gigi berlubang, jika kedalaman lubangnya sudah cukup dalam, mencapai lapisan dentin maka bisa membuat gigi anda menjadi terasa sangat ngilu, seperti gigi sensitif.

Tanya : Bagaimana cara terbaik mengatasi gigi ngilu atau gigi sensitif?

Jawab : Anda dapat mencoba menggunakan pasta gigi atau odol khusus untuk gigi sensitif, akan tetapi jika anda sudah menggunakan pasta gigi tersebut, tetapi gigi anda masih terasa ngilu, sebaiknya anda segera datang ke dokter gigi, agar keluhan yang anda rasakan segera ditangani lebih lanjut oleh dokter gigi.


Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini
----------------------------------------------
Yuk tonton aneka video
tentang kesehatan gigi dan mulut
dari drg. Gelar S. Ramdhani klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Klasifikasi Karies Menurut GV Black

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri