Cara Terbaik Mengatasi Gigi Goyang

Periodontitis
Gambaran kerusakan gusi dan tulang penyangga gigi,
dapat mengakibatkan gigi menjadi goyang
(sumber gambar : ilmubarokah.wordpress.com)

Oleh : drg. Gelar S. Ramdhani

Sebelum saya jelaskan bagaimana cara mengatasi atau mengobati gigi goyang, saya akan jelaskan terlebih dahulu apa kenapa gigi bisa menjadi goyang?. Perhatikan gambar berikut ini :

Anatomi Gigi Dokter Gigi
Anatomi gigi manusia
(sumber gambar : medium.com)

Gigi manusia dapat berdiri dengan kokoh karena adanya jaringan pendukung atau penyangga (jaringan periodontal), diantaranya gusi, tulang, dan jaringan lainnya. Ketika gusi dan tulang penyangga gigi mengalami kerusakan atau bahkan penurunan (resesi), maka gigi akan kehilangan penyangga, lalu kemudian gigi menjadi goyang.

Ilustrasi kerusakan gusi dan tulang penyangga gigi
(sumber gambar : porterdentalclinic.com)

FAKTOR APA SAJA YANG DAPAT MENYEBABKAN RUSAKNYA JARINGAN PENYANGGA GIGI?

Sebenarnya banyak sekali faktor yang dapat menyebabkan kerusakan jaringan penyangga gigi. Tapi sangat penting sekali anda menjaga kebersihan dan kesehatan rongga mulut, karena rongga mulut yang kotor/jorok (contoh: banyak plak, karang gigi, dan lain sebagainya) adalah faktor utama penyebab kerusakan jaringan penyangga gigi, sehingga gigi menjadi goyang.

BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKI GIGI GOYANG?

Sebelumnya sudah saya jelaskan bahwa gigi goyang disebabkan karena rusaknya jaringan penyangga gigi, jika gigi goyang ingin kembali kokoh / tegak (tidak goyang). Maka kunci utama perawatannya adalah mengembalikan struktur jaringan penyangga gigi yang rusak, agar kembali sehat.

APA OBAT ATAU TERAPI UNTUK MEMPERBAIKI GIGI GOYANG?

Obat atau terapi terbaik untuk memperbaiki gigi goyang adalah dengan cara pergi ke dokter gigi, perawatan jaringan penyangga gigi tidak cukup hanya dengan minum obat atau perawatan sendiri dirumah.

APAKAH ADA DOKTER SPESIALIS UNTUK MEMPERBAIKI GIGI GOYANG?

Ya, ada! Namanya dokter gigi spesialis periodonsia. Jadi dokter gigi spesialis periodonsia (dengan gelar drg Sp.Perio), adalah dokter gigi yang sudah melanjutkan ke Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Periodonsia. Fokus utama drg Sp.Perio adalah melakukan perawatan jaringan peyangga gigi (gusi, tulang penyangga gigi, dan jaringan disekitarnya).

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini
----------------------------------------------
Yuk tonton aneka video tentang
kesehatan gigi dan mulut
dari drg. Gelar S. Ramdhani klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Klasifikasi Karies Menurut GV Black

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri