Cara Mengatasi Rasa Sakit Setelah Cabut Gigi

Sakit gigi setelah cabut gigi
(sumber gambar : bluetoothdental.com.au)

Oleh : drg. Gelar S. Ramdhani

Tanya : Dok, apakah setelah cabut gigi, akan terasa sakit?

Jawab : Setiap orang yang telah melakukan pencabutan gigi, memiliki peluang merasakan sakit, dan itu sangat wajar sekali, karena proses pencabutan gigi dapat menyebabkan luka dan juga radang. Tapi, banyak juga pasien yang setelah pencabutan gigi, tidak mengeluhkan sakit sama sekali. 

Kenapa bisa? setiap orang memiliki respon tubuh dan batas toleransi yang berbeda-beda terhadap rasa sakit, kemudian anda juga harus paham bahwa pencabutan gigi itu berbeda-beda tingkat kesulitannya. Misalnya Tuan X cabut gigi depan, dan giginya sudah goyang, Tuan X tidak merasakan sakit sama sekali setelah cabut gigi. Ya....!! karena gigi Tuan X yang dicabut adalah gigi depan, dan sudah goyang pula, gigi depan relatif lebih mudah proses pencabutannya, apalagi kalau giginya sudah goyang, sangat jarang menyebabkan rasa sakit setelah dicabut,.

Berbeda dengan Tuan Y, setelah dokter gigi melakukan pencabutan gigi geraham bungsu (paling belakang), Tuan Y merasa sakit. Proses pencabutan gigi geraham bungsu - apalagi posisinya miring (impaksi) - itu relatif sulit, lama, dan mungkin saja membutuhkan teknik khusus untuk mengeluarkan giginya. Proses pencabutan yang sulit, dan lama biasanya lebih berpotensi menimbulkan rasa sakit setelah pencabutan.

Anda tidak perlu khawatir, setiap tindakan yang dilakukan oleh dokter gigi kepada pasien, apalagi tindakan pencabutan, pasti terukur dan penuh pertimbangan, terutama pertimbangan resiko yang mungkin terjadi setelah pencabutan gigi.

Tanya : Bagaimana cara mengobati rasa sakit setelah cabut gigi?

Jawab : Anda tidak perlu panik atau cemas yang berlebihan apabila merasakan sakit setelah cabut gigi, sekali lagi itu sangat wajar. Setelah cabut gigi, biasanya dokter gigi akan memberi anda resep obat anti sakit atau obat pereda sakit. Silahkan anda minum obat anti sakit yang diberikan oleh dokter, sesuai dengan dosis yang telah ditentukan.

Ingat, minum obat itu tidak seperti kita makan cabai, begitu dimakan langsung terasa pedas. Minum obat tidak begitu diminum langsung sembuh rasa sakitnya, butuh proses dan butuh waktu obat tersebut bekerja.

Apabila anda sudah minum obat anti sakit selama 2-3 hari, tapi rasa sakit masih terasa atau tidak ada perkembangan sama sekali, silahkan anda datang kembali ke dokter gigi untuk dilakukan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini
----------------------------------------------
Yuk tonton aneka video tentang
kesehatan gigi dan mulut
dari drg. Gelar S. Ramdhani klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri

Klasifikasi Karies Menurut GV Black