Apakah Scaling Membersihkan Karang Gigi Terasa Sakit?

scaling dokter gigi gelar
Ayo rutin periksa gigi ke dokter gigi
(sumber gambar: cosmeticdentistahwatukee.com)

Oleh : drg. Gelar S. Ramdhani

Bagi anda yang belum pernah membersihkan karang gigi (scaling) mungkin anda bertanya-tanya "Apakah scaling atau membersihkan karang gigi itu terasa sakit?". Selama saya menjadi dokter gigi ditambah dulu waktu kuliah, sangat jarang sekali saya membersihkan karang gigi pasien, sampai pasien mengalami kesakitan.

Penting untuk anda ketahui bahwa secara prinsip, membersihkan karang gigi itu tidak membuat pasien kesakitan. Sebagian besar pasien yang saya bersihkan karang giginya, hanya sebatas merasakan linu atau ngilu saja. Kenapa saat dibersihkan karang gigi terasa linu atau ngilu? sebab gigi itu memiliki saraf, pada saat gigi dibersihkan akan terjadi gesekan atau getaran alat scaling dengan gigi, proses gesekan atau getaran itulah yang membuat gigi terasa ngilu. Semakin besar atau semakin kuat gesekan yang terjadi, biasanya akan membuat gigi anda semakin ngilu. 

Bagaimana caranya agar gigi anda tidak terlalu merasa ngilu saat scaling? Saran saya jangan menunggu karang gigi anda banyak dan menempel dengan keras. Semakin banyak karang gigi, semakin keras karang gigi yang menempel, maka diperlukan gesekan dan getaran alat yang kuat, sehingga dapat mengakibatkan rasa ngilu semakin hebat.

Sebaiknya anda rutin pergi ke dokter gigi minimal 6 (enam) bulan sekali, salah satu alasan kenapa anda harus rutin periksa gigi adalah untuk mencegah agar karang gigi anda tidak terlalu banyak.

Semoga Bermanfaat

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini
----------------------------------------------
Yuk tonton aneka video
tentang kesehatan gigi dan mulut
dari drg. Gelar S. Ramdhani klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri

Klasifikasi Karies Menurut GV Black