Alat Dasar Dokter Gigi yang Sering Digunakan

Alat Dokter Gigi
Alat standar / diangnostik set kedokteran gigi
(sumber gambar: dentistryiq.com)

Oleh : drg. Gelar S. Ramdhani

Bagi anda yang rutin pergi ke dokter gigi, tentu anda sering melihat alat-alat dokter gigi yang begitu banyak. Tahukah anda, dari sekian banyak alat-alat standar (diagnostik set) dokter gigi, ada beberapa alat dokter gigi yang paling sering digunakan oleh dokter gigi dimanapun di seluruh dunia. Mau tahu alat apa saja? berikut penjelasannya :

KACA MULUT

Kaca mulut merupakan alat dasar dokter gigi yang paling khas dan sangat mudah dikenali, kaca mulut adalah cermin kecil yang memiliki gagang atau pegangan. Kaca mulut berfungsi untuk melihat bagian dalam rongga mulut pasien, terutama untuk melihat bagian mulut yang tidak dapat dilihat secara langsung oleh dokter gigi sehingga membutuhkan bantuan cermin.

Kaca Mulut Dokter Gigi
Kaca mulut (sumber gambar: pexels.com)

PINSET

Pinset adalah alat yang menyerupai pencapit, fungsi pinset untuk mencapit atau mengambil alat, benda, atau bahan yang dibutuhkan oleh dokter gigi selama merawat pasien.

Pinset Dokter Gigi
Pinset (sumber gambar: medical-tools.com)

EKSKAVATOR / EXCAVATOR

Ekskavator adalah alat dokter gigi yang memiliki banyak fungsi, salah satu fungsinya untuk mengangkat atau mengambil sesuatu pada gigi yang berlubang (misal: sisa makanan, atau bagian gigi yang rusak/mati).

Ekskavator Dokter Gigi
Ekskavator (sumber gambar: amazon.com)

SONDE

Sonde termasuk alat dasar yang sering digunakan oleh dokter gigi, ujungnya tajam seperti jarum. Beberapa fungsi alat ini yaitu mengecek ada atau tidaknya gigi berlubang, mengecek kedalaman gigi berlubang, dan bisa juga untuk memastikan sudah bereaksi atau belum obat anestesi (obat bius) pada proses pencabutan gigi.

Sonde Half Moon Dokter Gigi
Sonde (sumber gambar: drgnyeleneh.wordpress.com)

Untuk sementara itu saja dulu mungkin informasi terkait alat-alat dasar kedokteran gigi yang biasa digunakan oleh dokter gigi dalam melayani pasien. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang dunia kedokteran gigi.

Ayo jaga kesehatan gigi dan mulut anda, sikat gigi minimal 2x sehari, dan periksa ke dokter gigi secara rutin minimal 6 (enam) bulan sekali. 

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini
----------------------------------------------
Yuk tonton aneka video
tentang kesehatan gigi dan mulut
dari drg. Gelar S. Ramdhani klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri

Klasifikasi Karies Menurut GV Black