Ibu Hamil Tambal Gigi Aman? Ini Penjelasan Dokter Gigi

Ibu Hamil Tambal Gigi
Ilustrasi Proses Penambalan Gigi (sumber gambar: dentistryonelgin.com) 

Oleh : drg. Gelar S. Ramdhani

Apakah menambal gigi pada saat hamil boleh atau tidak?

Sebagai dokter gigi saya sering mendapatkan pertanyaan seperti itu dari masyarakat, dalam kesempatan ini akan saya coba jelaskan, aman atau tidak tambal gigi?

Sejauh yang saya ketahui, tindakan penambalan gigi relatif aman bagi ibu hamil.

Akan tetapi jauh lebih baik sebelum anda pergi ke dokter gigi untuk melakukan penambalan gigi, silahkan datang terlebih dahulu ke dokter kandungan untuk melakukan pemeriksaan kehamilan anda, kemudian meminta saran dari dokter kandungan apakah kondisi kehamilan anda sehat? berbahaya atau tidak terhadap kondisi janin anda apabila dilakukan penambalan gigi?.

Kenapa harus meminta saran dari dokter kandungan terlebih dahulu? sebab kondisi kehamilan setiap ibu hamil berbeda-beda, ada yang normal atau sehat, ada juga yang kondisi kehamilannya kurang sehat. 

Proses atau tahapan penambalan gigi bagi sebagian orang kurang begitu nyaman, terasa ngilu, terasa pegal (karena harus membuka mulut dalam waktu relatif lama), bahkan mungkin dapat meningkatkan rasa cemas. Hal ini yang harus dihindari ibu hamil, apalagi  kalau kondisi kehamilannya kurang begitu sehat. 

Saat anda datang ke dokter gigi, anda wajib memberikan informasi kepada dokter gigi bahwa anda sedang hamil, dan sebutkan juga usia kehamilan anda, terutama usia kehamilan muda yang secara fisik tidak terlihat sedang hamil.

Terakhir saya ingin memberikan saran kepada ibu-ibu yang punya rencana untuk hamil agar datang terlebih dahulu ke dokter gigi, untuk melakukan pemeriksaan gigi secara menyeluruh, kemudian jangan ragu minta saran dari dokter gigi, apabila pada rongga mulut anda (calon ibu hamil) ditemukan masalah. Misalnya: gigi berlubang, gusi bengkak, karang gigi, sisa akar, dan lain sebagainya.

Jangan sampai ketika anda sedang hamil, gigi anda bermasalah. Karena tindakan perawatan kedokteran gigi dan pemberian obat-obatan bagi ibu hamil sangat terbatas.

Semoga Bermanfaat 🙏🙏🙏

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini
----------------------------------------------
Yuk tonton aneka video
tentang kesehatan gigi dan mulut
dari drg. Gelar S. Ramdhani klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Klasifikasi Karies Menurut GV Black

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri