Inilah Cara Tepat Mengobati Bengkak Pada Gusi

Gusi Bengkak
Gambaran gusi bengkak (sumber gambar: Dr Jacob Fletcher)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

1. Tanya: Apa penyebab bengkak pada Gusi?

Jawab: Saya akan mencoba menjawab secara sederhana. Penyebab bengkak pada gusi adalah bakteri atau kuman.

Jadi, ketika gigi atau gusi kita "diserang" (terinfeksi) bakteri, maka akan terjadi peradangan. Peradangan merupakan suatu respon pertahanan alami tubuh kita, ketika bagian tubuh kita mengalami masalah, misalnya bagian tubuh kita terinfeksi bakteri, maka sel darah putih (neutrofil) akan berkumpul di area yang terinfeksi bakteri, sel darah putih akan melawan infeksi bakteri yang menyerang tubuh kita.

Selama perlawanan sel darah putih terhadap bakteri, maka akan banyak sel darah putih dan jaringan sekitarnya yang mati. Nah, kumpulan sel darah putih dan jaringan yang mati itu disebut nanah (pus). Di dalam gusi yang bengkak terdapat nanah, semakin banyak nanahnya maka bengkaknya bisa semakin besar.

Gambarannya begini:
(1) Gigi berlubang / Sisa akar / Karang gigi / Makanan terselip ---> (2) Bakteri ---> (3) Infeksi 
---> (4) Radang ---> (5) Nanah / Pus ---> (6) Bengkak

2. Tanya: Kenapa gigi dan gusi dapat terinfeksi bakteri?

Jawab: Apabila anda mempunyai gigi berlubang, apalagi lubangnya sudah lama dan dalam, jangan dibiarkan! karena gigi berlubang dapat menjadi tempat atau media bakteri berkembang. Selain gigi berlubang, sisa akar gigi (tunggul) juga dapat menjadi tempat berkembangnya bakteri.

Anda juga harus waspada ketika anda mempunyai karang gigi, apalagi karang giginya sudah sangat banyak. Karang gigi dapat menjadi pemicu berkembangnya bakteri yang dapat merusak jaringan penyangga gigi.

Penyebab lain yang bisa menyebabkan gusi bengkak yaitu dari makanan yang terselip (nyangkut) terlalu lama di sela-sela gigi, atau di sela-sela gusi dan gigi, kemudian membusuk, dan akhirnya bakteri berkembang.

3. Tanya: Apakah bengkak pada gusi berbahaya?

Jawab: Sangat berbahaya! anda jangan sekali-kali menyepelekan bengkak pada gusi, perlu anda ketahui bahwa dalam kondisi tertentu gusi bengkak yang dibiarkan dapat mengancam nyawa anda.

4. Tanya: Bagaimana cara tepat mengobati bengkak pada gusi?

Jawab: Apabila gusi anda bengkak, cara terbaik adalah segera datang ke dokter gigi terdekat, atau dokter gigi langganan anda. Agar anda segera mendapatkan perawatan atau pengobatan yang tepat.

5. Tanya: Apakah ada obat untuk mengobati gusi bengkak?

Jawab: Ada, tapi anda tidak boleh mengkonsumsi obat anti bakteri atau antibiotik sembarangan, tanpa resep dokter. Selain dapat membahayakan kesehatan anda, anda juga harus tahu bahwa obat antibiotik itu banyak sekali jenisnya. Misalnya antibiotik jenis A belum tentu tepat untuk bakteri jenis B, jadi pengobatan yang tepat itu apabila jenis dan dosis obat yang diberikan tepat.

Sebagian besar kasus bengkak pada rongga mulut, sulit sembuh apabila upaya pengobatannya hanya mengandalkan obat yang diminum. Biasanya membutuhkan juga tindakan tambahan lain, seperti upaya mengeluarkan nanah, membersihkan area infeksi, dan lain sebagainya. Untuk alasan kesehatan, dan keselamatan anda, tindakan-tindakan tambahan yang saya maksud hanya boleh dilakukan oleh dokter gigi.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Kenapa Saat Sakit Gigi Tidak Boleh Cabut Gigi?

Mau Tahu Biaya Cabut Gigi di Dokter Gigi? Baca Ini!

Minum Amoxicillin Sembarangan Saat Sakit Gigi, Bahaya!