Cara Menghentikan Darah Setelah Cabut Gigi

Cabut Gigi Perdarahan
Ilustrasi Cabut Gigi (sumber gambar: www.dratuljajoo.com)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

1. Tanya: Apakah wajar setelah dilakukan pencabutan gigi keluar darah?

Jawab: Sangat wajar! bahkan setelah pencabutan gigi, harus ada darah yang keluar dari lubang bekas pencabutan. Karena jika setelah dilakukan pencabutan gigi tidak ada keluar darah sama sekali (kering), khawatir terjadi komplikasi pasca pencabutan (diantaranya: dry socket). Tetapi anda harus tetap waspada, apabila setelah cabut gigi darah yang keluar sangat banyak.

2. Tanya: Apa yang harus dilakukan apabila terjadi pendarahan setelah cabut gigi?

Jawab: Ketika anda mengalami perdarahan setelah cabut gigi, saya sebagai dokter gigi menyarankan anda tetap tenang, tidak perlu panik berlebihan. Dalam keadaan darurat anda dapat menempelkan es batu pada pipi di sekitar area gigi yang sudah dicabut, suhu dingin biasanya dapat membantu proses pembekuan darah.  Hindari minuman dan makanan panas atau hangat, serta hindari merokok.

Pastikan anda sudah mengikuti arahan atau instruksi dokter gigi, tentang apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan setelah cabut gigi. Apabila anda merasa dalam beberapa jam setelah pencabutan gigi darah anda tidak segera membeku, anda boleh kembali menghubungi dokter gigi yang mencabut gigi anda untuk meminta saran. 

3. Tanya: Bagaimana kalau terjadi perdarahan malam hari, atau praktek dokter gigi yang mencabut gigi anda sudah tutup/tidak dapat dihubungi? 

Jawab: Jika tidak memungkinkan untuk ditunda sampai besok pagi, maka anda dapat segera mendatangi Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit atau klinik 24 jam terdekat, untuk mendapatkan tindakan segera. Akan tetapi apabila memungkinkan ditunda sampai besok pagi, sebaiknya anda kembali ke dokter gigi yang telah mencabut gigi anda, karena dokter gigi yang mencabut gigi anda lebih memahami riwayat pencabutan yang telah dilakukan, obat yang telah diberikan, dan pertimbangan medis tentang pencabutan gigi anda.

4. Tanya: Apakah ada obat khusus untuk menghentikan perdarahan setelah cabut gigi?

Jawab: Ada. Tapi, obat untuk menghentikan pendarahan setelah pencabutan gigi tidak dijual bebas, harus dengan resep dokter. Saya sebagai dokter gigi sangat tidak menyarankan anda mengkonsumsi obat anti pendarahan tanpa resep dokter.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Kenapa Saat Sakit Gigi Tidak Boleh Cabut Gigi?

Mau Tahu Biaya Cabut Gigi di Dokter Gigi? Baca Ini!

Minum Amoxicillin Sembarangan Saat Sakit Gigi, Bahaya!