Informasi Penting Ketika Ibu Hamil Sakit Gigi

Sakit Gigi Dokter Gigi Gelar S. Ramdhani
Sakit gigi sangat menyiksa apalagi pada saat hamil (sumber gambar: dreamstime.com)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

Sakit gigi memang sangat mengganggu, apalagi jika seorang ibu hamil mengalami sakit gigi, bukan hanya menganggu, tapi juga beresiko membahayakan kesehatan dan keselamatan janin dalam kandungannya. Kok bisa?

Misalnya, seorang ibu hamil mengalami sakit gigi yang sangat hebat, kemudian tanpa berfikir panjang, dan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, tiba-tiba ibu hamil mengkonsumsi obat anti sakit golongan tertentu yang bisa membahayakan kesehatan dan keselamatan janin.

Atau bisa juga saat seorang ibu hamil sakit gigi, jadi malas makan. Hati-hati ibu hamil yang kurang asupan makanan, bisa mengakibatkan kekurangan nutrisi, dan sangat berbahaya bagi ibu hamil itu sendiri dan janinnya.

Saya sebagai dokter gigi sering menyarankan kepada masyarakat khususnya kepada ibu-ibu, apabila memiliki program atau rencana untuk hamil, maka sebaiknya sebelum hamil datang terlebih dahulu ke dokter gigi untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut secara menyeluruh.

Hal tersebut penting sekali untuk memastikan gigi dan mulut seorang calon ibu hamil bersih dan sehat. Gigi dan mulut calon ibu hamil yang bersih serta sehat, akan mengurangi resiko timbulnya masalah (seperti sakit gigi) pada saat kehamilan.

Apabila saat hamil mengalami masalah pada gigi dan mulut, misalnya sakit gigi. Sebaiknya ibu hamil segera pergi ke dokter gigi atau puskesmas terdekat, agar diberikan penanganan yang tepat dan aman bagi ibu hamil beserta janin dalam kandungannya.

Sekali lagi saya berpesan kepada ibu hamil yang sedang mengalami sakit gigi, jangan mengkonsumsi obat tanpa petunjuk atau resep dokter, baik itu obat anti sakit, obat antibiotik, dan obat-obatan lainnya. Mengkonsumsi obat-obatan sembarangan saat hamil sangat beresiko terhadap kesehatan ibu hamil dan janin.

Semoga bermanfaat!

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Kenapa Saat Sakit Gigi Tidak Boleh Cabut Gigi?

Mau Tahu Biaya Cabut Gigi di Dokter Gigi? Baca Ini!

Minum Amoxicillin Sembarangan Saat Sakit Gigi, Bahaya!