Gigi Berlubang Bisa Menyebabkan Ibu Hamil Keguguran?

Ibu Hamil Keguguran Kesehatan Gigi
Kesehatan Gigi dan Mulut Berpengaruh Terhadap Kehamilan (sumber gambar: www.whattoexpect.com)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

Dalam kurun waktu dua bulan terakhir saya mendapatkan dua orang pasien yang dirujuk atau direkomendasikan oleh dokter spesialis obstetri dan ginekologi (Sp.OG) atau dokter kandungan.

Pasien pertama seorang ibu usia 35 tahun, datang ke tempat praktek saya, mengeluh sudah beberapa kali hamil tapi sering keguguran, hamil terakhir alhamdulilah sampai melahirkan namun sayangnya hanya beberapa hari saja sang bayi meninggal dunia.

Kemudian pasien kedua seorang ibu usia 26 tahun, bercerita ke saya, beberapa bulan yang lalu mengalami keguguran saat usia kehamilan kurang lebih tujuh minggu.

Kedua pasien tersebut datang ke tempat praktek saya, setelah mendapatkan arahan dari dokter kandungan, bahwa dokter kandungan menduga atau mencurigai keguguran yang dialami pasien-pasien tersebut diakibatkan karena kondisi gigi dan mulut yang tidak sehat.

Singkat cerita, setelah saya melakukan pemeriksaan rongga mulut pada pasien-pasien tersebut, dugaan dokter kandungan memang benar, keadaan kesehatan gigi dan mulut kedua pasien tersebut boleh dikatakan perlu perawatan yang lebih lanjut.

Sebelum Hamil Sangat Dianjurkan Periksa Ke Dokter Gigi
Saya sering menganjurkan kepada pasangan suami istri yang memiliki rencana untuk hamil, agar datang terlebih dahulu ke dokter gigi, untuk melakukan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut.

Sebelum hamil pastikan gigi dan mulut sang ibu bersih dan dalam keadaan sehat. Jangan sampai seorang ibu ketika hamil memiliki gigi yang berlubang, gusi bengkak, karang gigi (kalkulus), plak, sisa akar, tambalan bocor, dan lain sebagainya. Kenapa?

Menurut beberapa sumber yang saya baca, bakteri atau kuman penyebab masalah pada gigi dan mulut dapat menyebar hingga ke area janin, sehingga sangat memungkinkan dapat membahayakan kesehatan ibu hamil dan juga janin.

Alasan selanjutnya ketika seorang ibu sedang hamil, lalu punya masalah pada gigi (misal sakit gigi) penanganan sakit gigi pada ibu hamil perlu ekstra hati-hati. Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi beberapa jenis obat tertentu, sehingga menyulitkan dokter gigi dalam memilih dan memberikan obat-obatan kepada ibu hamil. Cabut gigi pada saat hamil juga sangat tidak dianjurkan, kecuali dokter gigi mempunyai pertimbangan medis lain.

Seorang ibu hamil yang mengalami sakit gigi biasanya pada saat makan akan kesulitan, akhirnya ibu hamil malas atau bahkan tidak mau makan sama sekali karena takut giginya sakit. Padahal disisi lain ibu hamil sangat perlu nutrisi yang cukup untuk dirinya dan untuk janin dalam kandungannya. Kekurangan nutrisi pada ibu hamil sangat berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan juga janin.

Jadi, jangan menganggap sepele kesehatan gigi dan mulut yaaa..... 

Semoga bermanfaat 🙏🙏

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Posting Komentar

Tulisan paling populer

Kenapa Saat Sakit Gigi Tidak Boleh Cabut Gigi?

Minum Amoxicillin Sembarangan Saat Sakit Gigi, Bahaya!

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri