Hati-hati Minum Asam Mefenamat Saat Anda Sakit Gigi

Sakit gigi (sumber gambar: sehatq.com)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

Asam Mefenamat (mefenamic acid) merupakan obat yang memiliki khasiat untuk meredakan rasa sakit, obat ini cukup dikenal masyarakat, khususnya untuk meredakan sakit gigi. Banyak masyarakat yang mengkonsumsi obat Asam Mefenamat untuk mengobati sakit gigi. Asam Mefenamat termasuk golongan obat Anti Inflamasi Non Steroid (OAINS).

Asam Mefenamat biasanya tersedia dalam bentuk tablet 250 mg, tablet 500 mg, dan juga sirup. Merk dagang Asam Mefenamat diantaranya: Mefinal, Ponstan, Omestan, Anastan, Asmef, Lapistan, Teamic, dan lain sebagainya.

Apakah betul Asam Mefenamat dapat mengobati sakit gigi? Ya, betul sekali! Akan tetapi saya sebagai dokter gigi ingin menghimbau anda untuk jangan mengkonsumsi obat yang mengandung Asam Mefenamat sembarangan tanpa resep dokter, kenapa?

Pertama, anda harus tahu bahwa setiap obat, termasuk Asam Mefenamat memiliki efek samping yang dapat mempengaruhi kesehatan anda, atau bahkan menimbulkan penyakit baru!.

Kedua, mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter, atau tanpa melalui pemeriksaan dokter terlebih dahulu belum tentu efektif, atau belum tentu tepat sasaran. Anda perlu tahu bahwa sakit gigi itu bermacam-macam, beda sakitnya, beda penyebabnya, tentu beda pula pengobatannya.

Asam Mefenamat memang terbukti efektif untuk beberapa jenis sakit gigi, tapi banyak juga jenis sakit gigi (dalam kondisi tertentu) yang susah sembuh dengan hanya mengkonsumsi Asam Mefenamat saja.

Jadi, cara terbaik untuk menangani sakit gigi adalah segera datang ke dokter gigi atau ke puskesmas terdekat, agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, kemudian ditangani sesuai kondisi penyakit, dan diberikan resep obat sesuai dengan jenis penyakit serta sesuai dengan kondisi tubuh anda, untuk menghindari resiko efek samping.

Satu lagi saran dari saya, saat anda datang ke dokter atau ke puskesmas. Ceritakan kepada dokter atau perawat yang menangani anda, apabila anda yang punya riwayat alergi obat tertentu, alergi makanan tertentu, riwayat penyakit maag (lambung), ginjal, darah tinggi (hipertensi), gula (diabetes), penyakit berat lainnya, atau anda sedang hamil, menyusui. Agar dokter dalam memberikan resep obat dapat menyesuaikan dengan kondisi tubuh anda.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Kenapa Saat Sakit Gigi Tidak Boleh Cabut Gigi?

Minum Amoxicillin Sembarangan Saat Sakit Gigi, Bahaya!

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri