Pengalaman Naik Bus dari Cileunyi Bandung ke Jakarta

Bis Budiman Premiere Class Tasik Jakarta (sumber gambar: koleksi pribadi)

Oleh: Gelar S. Ramdhani

Setelah sekian lama saya tidak naik bis dari Cileunyi Bandung ke Jakarta, akhirnya pada hari Ahad (19 Januari 2020) saya kembali melakukan perjalanan dari Cileunyi ke Jakarta (Terminal Kampung Rambutan) menggunakan bus.

Perjalanan saya mulai dari kawasan Cibiru Bandung, dari Cibiru sekitar pukul 07.30 WIB pagi, dari Cibiru saya naik ojek online ke daerah Cileunyi. Saya minta berhenti di persimpangan sebelum pintu tol Cileunyi, karena saya tahu bahwa disana banyak bus yang menuju Jabodetabek dari arah Ciamis, Tasikmalaya, Garut, sekitarnya.

Kurang lebih pukul 07.45 WIB saya sampai di persimpangan sebelum pintu tol Cileunyi, saya berhenti disana. Ternyata banyak sekali pilihan bus yang menuju Jakarta, mulai dari kelas Ekonomi, AC Ekonomi, Bisnis, Eksekutif, Super Eksekutif dan lain sebagainya.

Ruang Kemudi Bus Budiman Premiere Class Tasik Jakarta (sumber gambar: koleksi pribadi)

Pada pagi itu saya kepikiran ingin mencoba naik Bus asal Tasikmalaya yaitu PO Budiman Premiere Class yang menuju Jakarta (Kampung Rambutan). Tak lama kemudian sekitar pukul 08.00 WIB rupanya Bus PO Budiman Premiere Class jurusan Tasik Jakarta datang dari arah Tasikmalaya. Bus tersebut langsung saya berhentikan, dan setelah bus berhenti, saya konfirmasi tujuan apakah betul ke Kampung Rambutan? Kondektur langsung menjawab "muhun leres kang" ("iya betul kang"), saya langsung naik ke bus tersebeut. 

Bismillahirrahmanirrahim... Perjalanan dimulai....

Begitu saya naik ke dalam bis, saya langsung disambut dengan deretan kursi kelas Premiere Class dengan konfigurasi seat 2-2 yang empuk dan sangat nyaman, dengan tambahan leg rest untuk menopang betis kita selama perjalanan. Pada kelas Premiere Class ini pihak PO Budiman juga memberikan tambahan kenyamanan seperti bantal kecil, bantal leher, selimut, colokan listrik, colokan USB pada masing-masing tempat duduk, ruang merokok (smoking room), dan juga Toilet.

Interior Bus Budiman Premiere Class Tasik Jakarta (sumber gambar: koleksi pribadi)

Tersedia Leg Rest Pada Bagian Kaki (sumber gambar: koleksi pribadi)

Lalu berapa tarif atau ongkos dari Cileunyi Bandung ke Jakarta untuk kelas bus seperti ini? Saya bayar Rp 90.000 (Sembilan puluh ribu Rupiah) walaupun saya naik dari Bandung, tapi ongkos sama dengan naik dari Tasik. Apakah harga segitu sebanding dengan apa yang kita dapatkan? Menurut saya relatif ya, karena setiap orang punya parameter masing-masing.

Tarif Premiere Class Tasik Jakarta Rp 90.000 (sumber gambar: koleksi pribadi)
Tersedia Colokan USB Pada Masing-masing Kursi untuk Mengisi Daya (sumber gambar: koleksi pribadi)

Kalau menurut saya, dengan tarif Rp 90.000 walaupun saya naik dari Bandung, sudah sangat sebanding dengan fasilitas dan kenyamanan yang didapatkan, selain itu pengemudi bus sangat terampil dalam mengemudi, tidak ugal-ugalan, kita sebagai penumpang merasa aman dan nyaman, tak lupa si akang kondektur juga sangat ramah dalam melayani penumpang.

Alhamdulillah bulan Januari 2020 ini proyek Tol Jakarta Cikampek II Elevated sudah selesai, jadi perjalanan Bandung Jakarta sudah tidak macet lagi, volume kendaraan di jalan tol juga tidak terlalu ramai, cuaca sangat cerah, jadi perjalanan sangat nyaman dan lancar.

Sekitar pukul 09.35 WIB bus mulai masuk tol JORR, kemudian keluar gerbang tol Ceger, saya minta turun di daerah Ceger. Alhamdulillah sekitar pukul 09.50 WIB saya sampai di Jakarta. Hanya sekitar kurang lebih 2 jam saja dari Cileunyi Bandung menuju Jakarta, tentunya dengan kenyamanan dan pelayanan prima selama perjalanan.

Semoga PO Budiman tetap menjaga kualitas pelayanan, kenyamanan, dan keamanan. Indonesia butuh sekali transportasi umum yang baik seperti ini.

Informasi lebih lanjut terkait PO Budiman, bisa menghubungi:
PT HS. Budiman 45
Jl. Ir. H. Juanda No. 31 Tasikmalaya
Telepon (0265) 345772 - 345797
Layanan informasi (0265) 323714 - 339854

*Perjalanan ini dilakukan Januari 2020, data sewaktu-waktu dapat berubah

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Rekomendasi Bus dari Jakarta ke Majalengka

Misteri Perempuan Berhijab Tengah Malam di Tol Cipularang

Tips Wisata ke Panyaweuyan Majalengka