Tahu Lamping "Kopeci" Khas Kuningan Jawa Barat

Tahu Lamping Khas Kuningan (sumber gambar: koleksi pribadi)

Oleh: Gelar S. Ramdhani

Selama ini mungkin anda berfikir bahwa di Jawa Barat hanya Kota Sumedang yang menjadikan tahu sebagai kuliner atau makanan khasnya. Tunggu dulu.... ternyata di Jawa Barat bukan hanya Sumedang, tapi Kota Kuningan juga menjadikan tahu sebagai makanan khas. Ya, namanya tahu lamping.

Secara sepintas tahu lamping Kuningan dengan tahu Sumedang mungkin sama, karena sama-sama terbuat dari kacang kedelai. Adapun perbedaanya kalau menurut saya jika dibandingkan dengan tahu Sumedang, tahu lamping Kuningan atau biasa disebut tahu kopeci Kuningan teksturnya lebih lembut, selain itu dari segi isi atau bagian dalamnya, tahu lamping ini lebih berisi, sedangkan tahu Sumedang cenderung kosong. Tapi kalau dari rasa menurut saya keduanya sama-sama enak, dan layak untuk anda coba.

Kalau ke Kuningan Wajib Coba Tahu Lamping (sumber gambar: koleksi pribadi)

Bagi anda yang sedang wisata di Kabupaten Kuningan Jawa Barat, atau mungkin hanya sekedar lewat Kota Kuningan, saya sarankan anda wajib mencoba kuliner khas tahu lamping atau tahu kopeci. Lokasi pusat penjualan makanan yang kaya akan protein ini sangat strategis, masih di pusat kota Kuningan, tak jauh dari Mesjid Agung Kuningan (taman kota), atau berada di pintu masuk kota Kuningan dari arah Kabupaten Majalengka Ciamis Tasikmalaya dan sekitarnya, atau mungkin lebih tepatnya di Jalan Veteran, Kota Kuningan. Anda bingung? cek saya Google Maps.

Buka setiap hari, biasanya mulai pukul 08.00 pagi sampai pukul 19.00 malam. Tahu lamping ini dapat dikonsumsi langsung di tempat, atau cocok juga untuk anda jadikan sebagai oleh-oleh khas kota Kuningan Jawa Barat. Soal harga kuliner khas Kuningan yang satu ini tidak bikin "kantong" anda jebol. Selamat mencoba!

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Tips Wisata ke Panyaweuyan Majalengka

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Minum Amoxicillin Sembarangan Saat Sakit Gigi, Bahaya!