Cara Menghilangkan Kotoran Rokok Pada Gigi

Gambaran noda pada gigi akibat asap rokok (sumber gambar: ebay.com)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

Apakah anda pernah melihat gigi seorang perokok yang berubah warna menjadi lebih coklat? atau terlihat seperti ada kotoran berwarna coklat gelap yang menempel?, hal tersebut disebabkan karena kandungan zat berbahaya pada asap rokok yang dihisap, kemudian zat berbahaya tersebut menempel pada gigi seorang perokok. Dalam istilah kedokteran gigi, kotoran akibat paparan asap rokok disebut dengan stain.

Banyak para perokok yang mengeluhkan rasa percaya dirinya berkurang saat tersenyum atau pada saat ngobrol dengan orang lain, gara-gara giginya kotor (jorok) akibat asap rokok.

Gigi yang berubah warna akibat rokok biasanya tidak bisa dihilangkan dengan menyikat gigi biasa, apalagi kotoran akibat rokok (stain) sudah lama menempel, dan sudah menyatu dengan karang gigi (kalkulus).

Lalu bagaimana cara menghilangkan noda rokok pada gigi?
Saat ini cara yang paling efektif untuk menghilangkan noda akibat asap rokok adalah dengan tindakan scaling yang dilakukan oleh tenaga medis profesional yaitu dokter gigi. Apa itu scaling? Scaling adalah tindakan kedokteran gigi yang bertujuan untuk membersihkan gigi dari kotoran yang mengeras, tidak bisa dibersihkan dengan sikat gigi biasa, seperti karang gigi, noda akibat asap rokok, dan lain sebagainya.

Waspada kanker mulut akibat rokok!
Bagi anda para perokok, waspadalah anda sebagai perokok memiliki peluang lebih besar untuk mengalami kanker mulut. Memang benar bahwa tidak setiap perokok dapat menderita kanker mulut, tapi setiap perokok memiliki potensi lebih besar untuk menderita kanker mulut dibanding bukan perokok.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Rekomendasi Bus dari Jakarta ke Majalengka

Hati-hati Foto Anda Dijadikan Fantasi Seksual!