Apakah Gigi yang Dicabut Bisa Tumbuh Lagi?

Gambaran radiografi gigi dewasa yang akan menggantikan gigi susu (sumber gambar: jomfp.in)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

"Dok kalau saya cabut gigi kira-kira giginya dapat tumbuh kembali gak ya?" sering banget saya mendapatkan pertanyaan seperti itu dari masyarakat, melalui artikel ini saya akan mencoba menjelaskannya lebih detail.

Normalnya gigi manusia itu tumbuh (erupsi) dua kali seumur hidup, yang pertama kali tumbuh adalah gigi anak atau gigi susu (decidui), gigi susu yang pertama kali tumbuh akan mulai muncul sekitar usia 6-7 bulan, setiap orang berbeda waktu tumbuhnya, bisa lebih cepat, bisa lebih lambat, bahkan ada juga yang tidak tumbuh (misal: karena tidak ada benih). Silahkan anda melihat tabel berikut ini, agar anda mengetahui urutan tumbuh gigi susu:

Tabel usia tumbuh dan tanggal gigi susu (tabel dibuat oleh: drg. Eseryete, sumber gambar: pdgicabwngr.blogspot.com)

Memasuki usia 6 tahun biasanya gigi anak mulai tanggal atau lepas, baik karena sengaja dicabut maupun lepas sendiri. Pada usia 6 tahun gigi dewasa pengganti gigi susu mulai tumbuh. Silahkan anda melihat tabel berikut ini, agar anda mengetahui urutan tumbuh gigi dewasa:

Tabel usia tumbuh gigi dewasa (sumber gambar: pdgicabwngr.blogspot.com)

Para pembaca yang saya hormati, saya yakin sekarang anda sudah paham bahwa apabila gigi anak atau gigi susu yang dicabut maka kemungkinan besar gigi penggantinya akan tumbuh lagi, yaitu gigi dewasa. Akan tetapi apabila yang dicabut atau yang lepas adalah gigi dewasa, maka tidak akan ada lagi gigi penggantinya.

Selain itu anda juga perlu mengetahui bepara jumlah normal gigi manusia?. Gigi anak atau gigi susu jumlahnya ada 20 buah, atas 10 buah dan bawah 10 buah. Sedangkan gigi dewasa jumlahnya ada 32, atas 16 buah dan bawah 16 buah. Tetapi ada juga manusia yang memiliki gigi dewasa lebih dari 32 atau istilahnya supernumerary teeth, selain kelebihan ada juga manusia yang jumlah giginya kurang dari normal, alias terdapat beberapa gigi, atau bahkan seluruh gigi tidak tumbuh, bisa karena tidak ada benih (anodontia), atau benih ada tapi tumbuhnya miring dan tidak muncul ke permukaan.

Sebagai penutup artikel ini saya ingin berpesan kepada para orang tua agar menjaga, merawat dan rajin mengajak anak anda periksa gigi ke dokter gigi secara rutin, sebab kondisi gigi susu dapat berpengaruh pada kondisi gigi dewasa. Misalnya, gigi anak yang terlalu cepat rusak, atau terlalu cepat tanggal dapat menyebabkan gigi dewasa tumbuh gingsul atau tidak sesuai dengan posisi yang seharusnya (malposisi). Gigi dewasa juga harus dijaga, dirawat, dan diperiksakan secara rutin ke dokter gigi, karena kalau gigu dewasa rusak tidak akan ada gigi penggantinya.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Kita Butuh Bus Bandung Majalengka yang Layak!

Rekomendasi Bus dari Jakarta ke Majalengka

Kisah Kang Ari Lolos Seleksi CPNS 2018