Apakah Gigi yang Dicabut Bisa Tumbuh Lagi?

Gambaran radiografi gigi dewasa yang akan menggantikan gigi susu (sumber gambar: jomfp.in)

Oleh: drg. Gelar S. Ramdhani

"Dok kalau saya cabut gigi kira-kira giginya dapat tumbuh kembali gak ya?" sering banget saya mendapatkan pertanyaan seperti itu dari masyarakat, melalui artikel ini saya akan mencoba menjelaskannya lebih detail.

Normalnya gigi manusia itu tumbuh (erupsi) dua kali seumur hidup, yang pertama kali tumbuh adalah gigi anak atau gigi susu (decidui), gigi susu yang pertama kali tumbuh akan mulai muncul sekitar usia 6-7 bulan, setiap orang berbeda waktu tumbuhnya, bisa lebih cepat, bisa lebih lambat, bahkan ada juga yang tidak tumbuh (misal: karena tidak ada benih). Silahkan anda melihat tabel berikut ini, agar anda mengetahui urutan tumbuh gigi susu:

Tabel usia tumbuh dan tanggal gigi susu (tabel dibuat oleh: drg. Eseryete, sumber gambar: pdgicabwngr.blogspot.com)

Memasuki usia 6 tahun biasanya gigi anak mulai tanggal atau lepas, baik karena sengaja dicabut maupun lepas sendiri. Pada usia 6 tahun gigi dewasa pengganti gigi susu mulai tumbuh. Silahkan anda melihat tabel berikut ini, agar anda mengetahui urutan tumbuh gigi dewasa:

Tabel usia tumbuh gigi dewasa (sumber gambar: pdgicabwngr.blogspot.com)

Para pembaca yang saya hormati, saya yakin sekarang anda sudah paham bahwa apabila gigi anak atau gigi susu yang dicabut maka kemungkinan besar gigi penggantinya akan tumbuh lagi, yaitu gigi dewasa. Akan tetapi apabila yang dicabut atau yang lepas adalah gigi dewasa, maka tidak akan ada lagi gigi penggantinya.

Selain itu anda juga perlu mengetahui bepara jumlah normal gigi manusia?. Gigi anak atau gigi susu jumlahnya ada 20 buah, atas 10 buah dan bawah 10 buah. Sedangkan gigi dewasa jumlahnya ada 32, atas 16 buah dan bawah 16 buah. Tetapi ada juga manusia yang memiliki gigi dewasa lebih dari 32 atau istilahnya supernumerary teeth, selain kelebihan ada juga manusia yang jumlah giginya kurang dari normal, alias terdapat beberapa gigi, atau bahkan seluruh gigi tidak tumbuh, bisa karena tidak ada benih (anodontia), atau benih ada tapi tumbuhnya miring dan tidak muncul ke permukaan.

Sebagai penutup artikel ini saya ingin berpesan kepada para orang tua agar menjaga, merawat dan rajin mengajak anak anda periksa gigi ke dokter gigi secara rutin, sebab kondisi gigi susu dapat berpengaruh pada kondisi gigi dewasa. Misalnya, gigi anak yang terlalu cepat rusak, atau terlalu cepat tanggal dapat menyebabkan gigi dewasa tumbuh gingsul atau tidak sesuai dengan posisi yang seharusnya (malposisi). Gigi dewasa juga harus dijaga, dirawat, dan diperiksakan secara rutin ke dokter gigi, karena kalau gigu dewasa rusak tidak akan ada gigi penggantinya.

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini
----------------------------------------------
Yuk tonton aneka video tentang
kesehatan gigi dan mulut
dari drg. Gelar S. Ramdhani klik disini

Komentar

  1. Selamat pagi dok...anak sy usia mau 8thn,kemaren anak sy jatoh gara2 saling dorong sm temennya di sekolah.akibatnya gigi depan anak sy goyang dan turun jd panjang,kira2 klo di cabut bisa tumbuh lagi tidak? Trimaksih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya usia 8 tahun gigi depan dewasa sudah tumbuh Pak/Bu, dan kalau gigi yang bermasalah adalah gigi dewasa, apabila dicabut maka kemungkinan tidak tumbuh lagi. Lebih pastinya harus dilakukan pemeriksaan langsung oleh dokter gigi. Tks

      Hapus
    2. Ada gk dok obat yg bisa menumbuhkan gigi org dewasa

      Hapus
  2. Selamat Malam dok.. anak sya usia 4thn,, tdi giginya kecabut gara² main lompat²an ngga sengaja ke kait di ayunan bayi trus giginya copot pnjng bnget kayanya smpe akar giginya kecabut deh . Apa itu bisa tumbuh lagi dok??
    Terimakasih dok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat malam Pak/Bu, Untuk anak usia 4 tahun kemungkinan besar akan tumbuh gigi dewasa sebagai gigi penggantinya.

      Hapus
    2. Salam dok apakah usia 15 tahun setelah gigi susu di cabut bisa tumbuh kembali gigi selanjutnya

      Hapus
  3. Sore dok tadi siang anak saya jatoh dari sepeda gigi atas tengah lepas dua usia anak saya 8 thn apa masih bisa tumbuh lagi dok

    BalasHapus
  4. Selamat malam dok,saya sempat baca di promosi seperti obat penumbuh gigi yang ompong atau sdh rapuh,apakah gigi yg sdh berlubang atau leropos bisa tumbuh gigi baru ya?
    Terimakasih

    BalasHapus
  5. Malam dok saya mau tanya kalo gigi yg dicabut tp ngga kecabut ada yg tertinggal sedikit.apakah akan tumbuh gigi baru?apa harus periksa dokter gigi dulu.

    BalasHapus
  6. Selamat malam dok.. Anak saya umur 6 thun kurang pas waktu dia umur 2 thun anak saya jatuh dan gigi depan anak saya patah.. Kira2 gimana solusinya ea dok.. Apakah nanti ada gigi baru lagie yg akan tumbuh.. Tpi sekarang gigi depan yg patah masih ada setengah belom lepas dok.. Trimakasih 😊

    BalasHapus
  7. selamat subuh dok,dok umur saya 12 tahun saya menderita gigi berlubang,gigi berlubang itu kadang sakit kadang tidak,nah gigi berlubang itu sudah saya alami selama 2 tahun setengah,,saya ingin bertanya obatnya apa yh,karna udh 2 tahun lebih, saya ingin sembuh tapi tidak tahu obat,dan satu lagi dok kalau misalnya gigi saya sudah dicabut apakah gigi tersebut bisa tumbuh lagi,terima kasihh

    BalasHapus
  8. Kalau sudah tidak bisa tumbuh seharus, gimna ya dok di biarkan kah atau di ganti dgn gigi palsu atau gimna dok, apakah di biarkan saja tidak apa² atau gimna dok, tolong jawab dok karena saya mau cabut gigi tapi masih takut gimna gtu hehe

    BalasHapus
  9. Malam dok, gigi anak saya bagian depan saya cabut kedokter gigi karena tidak kunjung copot tapi setelah dicabut tidak kunjung tumbuh gigi baru. Apakah harus dibedah dok

    BalasHapus
  10. Doktor... Umur saya 18tahun tapi gigi atas tidak tumbuh2 lagi... Masih tumbuh lagi kg tu AR?

    BalasHapus
  11. Selamat pagi dokter...4 bulan yang lalu sya cabut gigi anak saya dengan paksa..maksudx tidak goyang.tapi sya cabut..tentux dngan bius.masalahnya kenapa sampai sekarang gigix belum tumbuh ya?yang sy cabut gigi susu

    BalasHapus
  12. Pak gigi anak saya copot apa perlu di bawa ke dokter

    BalasHapus
  13. As dok usia anak saya 2 thn gigi ny copot sampai akar jatuh kena kursi bakalan tumbuh lagi tidak dok

    BalasHapus
  14. Mlm dok anak saya usia ny 2 thn gigi nya copot sampai akar ny bakalan tumbuh lagi dok

    BalasHapus
  15. Selamat malam dok..anak saya umur 4 tahun tdi kepleset..gigi yg atasnya goyang..kalo dicabut apakah bisa tumbuh lagi dok?

    BalasHapus
  16. Selamat pagi dok, kenapa muncul gigi diatas gigi geraham tetap nomor 2 dari belakang atas saya ya.. munculnya bersama sama dengan gigi bungsu ..
    Padahal gigi atas total 16 (dihitung beserta gigi bungsu)
    Gigi bawah total 14
    Mohon infonya :)

    BalasHapus
  17. Dok, anaknya umur 6 th. Gigi depan atasnya dulu pernah ompong trus tumbuh lg. Bbrp waktu yg lalu giginya goyang lg ditempat yg sama trus dicabut ama anaknya.msh bs kah tumbuh gigi lg dok, soalnya dah lama ga tumbuh².makasi atas responnya

    BalasHapus
  18. Mlm dok anak saya usia 5th 7bln gigi graham kecilnya di cabut sampai akar karna posisi tumbuhnya ke samping sampai nusuk2 pipi , akhir nya di cabut sampai keakarnya , apakah bisa tumbuh lagi ?

    BalasHapus
  19. Halo dok selamat siang gigi geraham saya berlubang kalau di cabut apakah bisa tumbuh kelmabli dok umur saya 14th dok

    BalasHapus
  20. Mlm dok saya mau nanya anak saya umur 8 tahun gigi atas nya copot udah hampir 1 bln lebih knpa sampai skrng blum ada tanda gigi mau tumbuh y dok

    BalasHapus
  21. Dok anak saya umur 8 tahun gigi atas nya tanggl udah 1 bln lebih knpa y sampai skrng blum ada tanda ada gigi yg tumbuh

    BalasHapus
  22. Mlm dok gigi atas anak saya copot yg taring nya udah hampir 1 bln lebih sekarang anak saya umur mau masuk 8 tahun knpa blum ada tanda mau tumbuh y dok terima kasih y dok

    BalasHapus
  23. pagi dok...anak saya umur 7 tahun..gigi depan yg atas goyang..tp sudahtsudah benjolan di atas gusi bagian depan...setlh itu benjolane sobek..dn terlihat putih2 ky gigi dibalik benjolan itu...karena takut gigine saya cabutke k puskesmas..tp stlh gigi susuny dicabut..putih2 diatas yg sy kira itu gigi kok ikut jatuh ya...apa itu benih gigi permanen atau apa..aku takute kalo gigi permanen g bsa tumbuh lg...

    BalasHapus

Posting Komentar

Tulisan paling populer

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Klasifikasi Karies Menurut GV Black

Tips Pemeriksaan Kesehatan Gigi Seleksi TNI Polri