Stasiun Cirebon ke Gunung Ciremai via Apuy

Kereta api adalah salah satu moda transportasi yang banyak disukai masyarakat (sumber gambar: easybook.com)

Oleh: Gelar S. Ramdhani

Gunung Ciremai adalah gunung dengan ketinggian 3.078 MDPL. Sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat, gunung Ciremai memiliki pesona tersendiri yang membuat para pendaki gunung atau pecinta alam merasa tertarik untuk mendaki gunung tersebut. Banyak sekali para pendaki gunung baik dari dalam maupun luar negeri yang mendaki gunung Ciremai.

Gunung Ciremai terletak di tiga kabupaten yaitu Kabupaten Majalengka, Kuningan, dan Cirebon. Dikelola oleh Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) langsung dibawah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Apabila anda ingin mendaki ke puncak gunung Ciremai salah satunya bisa ditempuh melalui jalur Apuy.

Jalur Apuy adalah salah satu jalur pendakian favorit menuju ke puncak gunung Ciremai. Selain jalur Apuy ada juga jalur lainnya seperti jalur Palutungan dan Linggarjati. Nah.. Kalau jalur Palutungan dan Linggarjati itu dari Kabupaten Kuningan, sedangkan jalur Apuy dari Kabupaten Majalengka.

Pos pertama jalur Apuy berada di Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka Jawa Barat. Jadi apabila anda ingin ke puncak gunung Ciremai lewat jalur Apuy, anda perlu melakukan perjalanan menuju Desa Argamukti terlebih dahulu. Bagaimana transportasi umum menuju Desa Argamukti (Majalengka)? Saya akan jelaskan untuk anda dalam artikel ini.

Salah satu moda transportasi umum favorit masyarakat Indonesia khususnya di pulau Jawa adalah Kereta Api. Saya akan jelaskan step by step naik kereta api ke gunung Ciremai via jalur Apuy. Seperti yang kita ketahui bahwa di pulau Jawa saat ini (tahun 2019) jalur kereta api itu ada dua, yaitu jalur utara dan jalur selatan.

Kabupaten Majalengka saat ini belum dilewati jalur kereta api, tapi apabila anda ingin ke Majalengka naik kereta api, itu sangat memungkinkan. Apabila anda menggunakan kereta api jalur utara, anda bisa berhenti di kota Cirebon, tepatnya di Stasiun Cirebon Kejaksan atau Stasiun Cirebon Prujakan. Kalau anda menggunakan kereta api jalur selatan, anda bisa berhenti di stasiun Ciamis atau stasiun Tasikmalaya.

Dari stasiun kereta api Cirebon Kejaksan atau Cirebon Prujakan anda bisa lanjut ke Majalengka dengan menggunakan angkutan umum. Begini rutenya, dari Stasiun Cirebon Kejaksan atau Cirebon Prujakan agar mudah anda bisa naik angkutan online ke daerah Kedawung atau bisa juga ke Palimanan (masih di kota Cirebon), kemudian dari Kedawung atau Palimanan anda bisa naik elf/mikrobus atau bus besar jurusan Cirebon - Bandung, kemudian minta turun di lampu merah Kadipaten (sudah masuk wilayah kabupaten Majalengka), dari lampu merah Kadipaten anda bisa naik elf/mikrobus atau bus besar yang menuju ke daerah Cikijing, minta turun di terminal bus Maja, nanti dari terminal bus Maja naik angkutan khusus sejenis pick up dengan bak terbuka menuju ke pos pertama pendakian gunung Ciremai jalur Apuy, yang berada di Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka.

Meskipun artikel ini judulnya informasi dari stasiun Cirebon ke Apuy, tak ada salahnya sekalian saya ingin menjelaskan kepada anda informasi angkutan umum dari stasiun kereta api Ciamis atau stasiun Tasikmalaya ke Majalengka. Dari stasiun Tasikmalaya anda bisa naik angkutan online ke daerah simpang lima Tasikmalaya, selanjutnya naik bis jurusan Tasik - Cirebon, atau dari stasiun Ciamis anda bisa naik angkutan online juga menuju ke kawasan alun-alun Ciamis, selanjutnya naik bis jurusan Tasik - Cirebon, dari bus jurusan Tasik - Cirebon silahkan turun di pertigaan Cikijing (sudah masuk wilayah kabupaten Majalengka), nanti dari pertigaan Cikijing naik elf/mikrobus atau bus besar arah ke Kota Majalengka, minta turun di terminal bus Maja, nanti dari terminal bus Maja naik angkutan khusus sejenis pick up dengan bak terbuka menuju ke pos pertama pendakian gunung Ciremai jalur Apuy, yang berada di Desa Argamukti Kecamatan Argapura Kabupaten Majalengka.

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui, terkait angkutan umum dari Cirebon / Tasikmalaya / Ciamis ke Majalengka, diantaranya:
  1. Angkutan elf/mikrobus atau bus jurusan Cirebon - Bandung lewat Kadipaten itu beroperasi 24 jam;
  2. Angkutan elf/mikrobus atau bus jurusan Kadipaten - Cikijing lewat terminal Maja itu beroperasi 24 jam;
  3. Angkutan elf/mikrobus atau bus jurusan Tasik - Cirebon lewat pertigaan Cikijing itu beroperasi 24 jam, tapi setelah jam 21.00 - 05.00 agak jarang;
  4. Angkutan elf/mikrobus atau bus jurusan Cikijing - Majalengka lewat terminal Maja itu beroperasi 24 jam;
  5. Informasi lengkap tentang wisata kabupaten Majalengka dan pendakian gunung Ciremai silahkan hubungi Kang Kiki 0896-2046-6817, Kang Imam 0852-2419-9551;
  6. Informasi rental mobil profesional lokal di Majalengka, siap menjemput anda di hotel, stasiun, bandara, terminal, dan tempat lainnya hubungi Kang Irfan 0852-2434-0429;
  7. Informasi lengkap bus dari Jakarta ke Majalengka KLIK DISINI
  8. Informasi lengkap bus dari Bandara Soekarno Hatta ke Majalengka KLIK DISINI
  9. Tulisan ini saya tulis Oktober 2019, kedepannya tidak menutup kemungkinan akan semakin banyak bis yang lewat terminal Maja.
Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Rekomendasi Bus dari Jakarta ke Majalengka

Bus dari Majalengka ke Jakarta via Bekasi

Majalengka Tidak Butuh Wisata Pacaran!