Pengalaman Naik Shuttle Bus Bandung Majalengka Cikijing

Shuttle atau travel Mekarsari Bandung Majalengka Cikijing (sumber gambar: koleksi pribadi)

Oleh: Gelar S. Ramdhani

Pada siang hari tadi (Kamis, 26 Desember 2019) saya ada rencana untuk pulang kampung dari Bandung ke Majalengka, biasanya kalau pulang kampung dari Bandung ke Majalengka itu naik elf atau mikrobus dari Terminal Leuwi Panjang. Tapi karena saat ini sudah hadir jasa shuttle bus atau biasa juga disebut angkutan travel yang melayani jurusan Bandung - Bandara Kertajati (BIJB) - Majalengka - Cikijing, akhirnya saya putuskan untuk mencoba menggunakan jasa angkutan travel tersebut.

Menurut informasi yang saya dapatkan, saat ini (Desember 2019) ada dua perusahaan angkutan umum shuttle bus atau travel yang melayani Bandung - Majalengka, yaitu: Mekarsari dan Arnes. Pada perjalanan kali ini saya ingin mencoba Mekar sari travel jurusan Bandung - Majalengka - Cikijing.

Apabila dari Kota Bandung ingin naik Mekar sari ke Majalengka, anda bisa naik dari agen atau check point Gasibu (Kedai Koffie TIJD Jl. Citarum No. 30 atau belakang Pusdai) atau bisa juga naik dari Pasteur (Jl. Dr. Djunjunan, kalau dari arah Fly over Pasupati setelah turun kurang lebih 100 meter, kiri jalan, dekat jembatan penyebrangan, atau dekat tempat jualan oleh-oleh Bandung). 

Perjalanan saya dimulai dari kawasan timur Kota Bandung tepatnya dari daerah Ujungberung, dari Ujungberung bisa naik ojek atau taksi online menuju agen Mekar sari di Jl. Citarum, atau dari Ujungberung bisa juga naik angkot dulu ke terminal Cicaheum (jurusan Cileunyi - Cicaheum) sampai di Cicaheum ganti naik angkot jurusan Cicaheum - Ledeng, karena angkot jurusan Cicaheum - Ledeng lewat Jl. Supratman (Belakang Pusdai), nah agen travel Mekar sari ini lokasinya berada di dekat persimpangan antara Jl. Supratman dan Jl. Citarum.

Jalan Citarum dekat dengan Jalan Supratman belakang Pusdai (sumber gambar: koleksi pribadi)

Setelah turun dari angkot Cicaheum - Ledeng, di persimpangan Jl. Citarum saya jalan kaki sedikit kurang lebih 20 meter ke arah Jl. Citarum, kemudian nanti di sebelah kiri ada kedai Koffie TIJD, di kedai kopi tersebut letak agen shuttle Mekarsari Bandung - Majalengka - Cikijing.

Koffi TIJD lokasi agen shuttle Mekarsari Bandung Majalengka Cikijing (sumber gambar: koleksi pribadi)

Sekitar pukul 17.00 WIB saya tiba di agen shuttle Mekarsari Gasibu, seorang petugas Mekarsari berbaju merah menyambut saya dengan penuh keramahan, kemudian bertanya kepada saya "Mangga pak, ada yang bisa dibantu?" lalu saya jelaskan bahwa saya mau naik shuttle Mekarsari dari Bandung ke Majalengka.

Agen shuttle Mekarsari Gasibu di Jalan Citarum Bandung (sumber gambar: koleksi pribadi)

Alhamdulillah ternyata masih ada kursi kosong untuk saya, pada jam keberangkatan 18.30 WIB dari Bandung. Masih ada waktu sekitar 1 - 1,5 jam lagi saya menunggu di agen shuttle Mekarsari tersebut, meskipun cukup lama menunggu tapi tidak membuat saya bosan menunggu, karena ruang tunggu yang disediakan menyatu dengan kedai kopi, dengan suasananya yang begitu khas, bersih, rapi, bisa pesan makanan dan minuman, tersedia fasilitas umum seperti toilet, mushola, parkir kendaraan antar jemput cukup luas, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Interior armada shuttle Mekarsari Bandung Majalengka Cikijing (sumber gambar: koleksi pribadi)

Pihak shuttle Mekarsari juga memberikan satu botol air mineral (GRATIS), selain itu disediakan pula koran bagi anda yang membutuhkan bahan bacaan, apabila handphone anda kekurangan baterai tidak perlu khawatir karena agen shuttle Mekarsari di Gasibu menyediakan colokan listrik untuk menambah daya baterai anda.

Dari agen shuttle Mekarsari Gasibu, berangkat pukul 18.30 WIB keluar Jl. Citarum - Jl. Diponegoro - sebelum gedung sate belok kanan - Gasibu - Jl. Surapati - belok kiri - naik fly over Pasupati - turun Jl. Dr. Djunjunan (Pasteur) - berhenti dulu di agen shuttle Mekarsari Pasteur - Gerbang Tol Pasteur - Tol Cipularang - Tol Cipali - Keluar Gerbang Tol Kertajati - Bandara Kertajati (BIJB) - Kadipaten - Panyingkiran - Munjul - Majalengka - Cigasong - Kawunggirang - Maja (Kalau mau ke Gunung Ciremai / Terasering Panyaweuyan silahkan turun di Terminal Maja) - Wanahayu - Cihaur - Cimeong - Banjaran - Talaga - Cicanir - Jatipamor - Sindang - Kasturi - Cikijing. Setelah Tol Cisumdawu yang menghubungkan antara Bandung dengan Majalengka selesai, mungkin shuttle Mekarsari ini tidak lagi lewat Tol Cipularang dan Tol Cipali.

Berangkat dari Jl. Citarum Bandung pukul 18.30 WIB karena perjalanan lumayan padat merayap (libur akhir tahun), kemudian cuaca juga hujan, sampai di Kota Majalengka sekitar pukul 21.45 WIB dan saya sendiri sampai Banjaran pukul 22.14 WIB. Waktu tempuh dari Kota Bandung ke Kota Majalengka menggunakan shuttle Mekarsari ini sekitar 3 jam.

Pada bulan Desember 2019 ini tarif atau ongkos shuttle / travel Mekarsari Bandung - Majalengka - Cikijing adalah Rp 70.000 (Tujuh puluh ribu Rupiah), akan tetapi pada bulan ini sedang ada promo, apabila anda membeli tiket untuk pulang pergi yang harusnya Rp 140.000, tapi kalau anda beli tiket pulang pergi cukup membayar Rp 120.000 saja, menurut saya ongkos yang harus dibayarkan sudah sebanding dengan pelayanan yang diberikan, hanya saja ada beberapa kekurangan yang saya rasakan selama perjalanan, diantaranya: kondisi suspensi atau kaki-kaki armada yang saya naiki sepertinya ada masalah, sehingga sepanjang jalan selalu berbunyi, terutama pada saat jalanan yang agak bergelombang terasa kasar, ini mohon menjadi perhatian pihak Mekarsari.

Selain itu saya ingin memberikan masukan kepada pihak Mekarsari Trans agar segera membuat Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan yang lebih profesional. Mulai dari cara penyambutan tamu, penerimaan reservasi (baik online maupun offline), persiapan sebelum berangkat (contoh: pengemudi mengajak berdoa dan lain sebagainya), seragam crew dan agen harus lebih profesional lagi, standar volume suara musik atau hiburan selama perjalanan (karena tidak semua penumpang ingin hiburan, ada juga yang ingin istirahat), berikan kontak pengaduan (tempel di dalam kendaraan) untuk memudahkan penumpang apabila layanan kurang memuaskan, dan lain sebagainya. 

Kemudian melalui artikel ini saya juga ingin mengapresiasi sisi baik yang saya rasakan selama naik Mekarsari dari Bandung ke Majalengka kemarin, diantaranya: Agen yang di Jl. Citarum sangat ramah, pengemudi juga sangat ramah, cara mengemudikan kendaraan sangat baik, tidak ugal-ugalan, dan pendingin udara (AC) baik. Mohon semua kelebihan tersebut dipertahankan.

Secara keseluruhan saya merekomendasikan angkutan shuttle atau travel Mekarsari Bandung - Majalengka - Cikijing ini. Semoga angkutan shuttle ini bisa menjadi alternatif transportasi umum bagi warga Majalengka yang akan pergi ke Bandung atau sebaliknya.

Bagi anda yang ingin naik shuttle Mekarsari jurusan Bandung - Majalengka - Cikijing silahkan hubungi atau pesan kursi melalui telepon, SMS, atau WhatsApp.
  • Nomor telepon agen Shuttle / Travel Mekarsari Pusat 0811 1321 112
  • Nomor telepon agen Shuttle / Travel Mekar sari Cikijing 0813 6212 8083
  • Nomor telepon agen Shuttle / Travel Mekarsari Majalengka 0811 1321 112
  • Nomor telepon agen Shuttle / Travel Mekar sari Bandara Kertajati (BIJB) 0811 2226 774
  • Nomor telepon agen Shuttle / Travel Mekarsari Bandung (Gasibu) 0811 1691 112
  • Nomor telepon agen Shuttle / Travel Mekar sari Bandung (Pasteur) 0811 2229 773
Jadwal Keberangkatan Shuttle atau Travel Mekarsari Bandung Majalengka Cikijing:
A. DARI CIKIJING KE BANDUNG
  • Senin - Kamis: 06.00, 09.00, 04.00, 17.00
  • Jumat: 06.00, 08.00, 12.30, 14.00, 18.00, 19.30
  • Sabtu: 06.00, 08.00, 12.30, 14.00, 18.00
  • Minggu: 06.00, 08.00, 12.30, 14.00, 15.00, 18.00, 19.30
B. DARI BANDUNG KE CIKIJING
  • Senin - Kamis: 07.00, 09.00, 12.30, 14.00, 17.00
  • Jumat: 07.00, 09.00, 12.30, 14.00, 16.00, 18.30, 19.30
  • Sabtu: 07.00, 09.00, 12.30, 14.00, 16.00, 18.30
  • Minggu: 07.00, 09.00, 12.30, 14.00, 18.00, 19.30
Informasi Tambahan:
  1. Artikel ini saya tulis pada bulan Desember 2019, data dan informasi dapat berubah setiap saat;
  2. Bagi anda warga Bandung yang ingin wisata ke Majalengka. Misal ke Taman Nasional Gunung Ciremai, atau Terasering Panyaweuyan Argapura. Anda bisa naik shuttle Mekarsari ini, kemudian minta turun di Terminal Maja;
  3. Apabila anda membutuhkan angkutan sewa (rental) dari Terminal Maja ke Terasering Panyaweuyan atau ke Pos Pendakian Gunung Ciremai (Jalur Apuy) bisa menghubungi Kang Irfan 0852 2434 0429 ;
  4. Kendaraan yang digunakan oleh shuttle Mekarsari Bandung Majalengka Cikijing adalah Toyota Hiace;
  5. Shuttle Mekarsari ini tidak melayani antar jemput dari rumah ke rumah (door to door), tapi dari agen ke agen (point to point);
  6. Informasi lebih lanjut seputar shuttle Mekarsari Bandung Majalengka Cikijing bisa menghubungi 0811 1321 112.
Semoga bermanfaat!

Simak pula tulisan Gelar S. Ramdhani lainnya klik disini
Apakah anda ingin mengetahui profil penulis tulisan ini? klik disini

Komentar

Tulisan paling populer

Rekomendasi Bus dari Jakarta ke Majalengka

Klasifikasi Maloklusi Angle dan Dewey

Tips Wisata ke Panyaweuyan Majalengka